Nasional

Kedisiplinan Penumpang Pesawat terhadap Aturan Dinilai Masih Kurang

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Banyaknya calon penumpang pesawat yang ditolak berangkat akibat dokumen yang tidak lengkap bukan hanya dikarenakan sosialisasi yang kurang optimal, melainkan juga dibutuhkan kedisiplinan penumpang.

Persyaratan penumpang dengan pengecualian sudah jelas diatur di Surat Edaran No. 4 Gugus Tugas dan juga SE No. 5 untuk perpanjangannya.

“Kalau penumpangnya yang enggak disiplin dan tidak memenuhi syarat -syarat tersebut ya, ditolak,” kata Sekjen Indonesia National Air Carrier Association (INACA) Bayu Sutanto, di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Ia menambahkan, ini bukan masalah sosialisasi, melainkan masalah disiplin terhadap aturan. Sama seperti halnya ada penumpang mobil dan sepeda motor yang tidak disiplin.

Selain itu terkait dengan adanya penyesuaian aturan baru dalam transportasi udara, Bayu menilai maskapai sudah mengikuti aturan tersebut dan menyosialisasikannya kepada publik, terutama melalui laman resmi.

“Namun, saat ini yang diizinkan kan memang penerbangan dengan pengecualian. Seharusnya calon penumpangnya sudah paham syarat-syarat tersebut,” katanya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close