Lintas Daerah

Kecelakaan Kapal Kembali Terjadi di Danau Toba

MEDAN, SENAYANPOST.com – Disaat proses evakuasi korban tenggelam KM Sinar Bangun masih berlangsung, kecelakaan kapal kembali terjadi di Danau Toba.

Kali ini, satu awak Kapal Motor Ramos Risma Marisi dilaporkan hilang di perairan Danau Toba di Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jumat (22/6/2018).

Kapal kayu KM Ramos Risma Marisi diterjang badai setelah selesai mengantar penumpang dari Pulau Sibandang menuju dermaga Pelabuhan Nainggolan, Danau Toba.

Kepala Kantor SAR Medan Budiawan mengatakan, Rahmat Dani (28) hilang setelah melompat ke danau dan berusaha berenang ke tepi bersama temannya, Joifan Situmorang (17). Joifan ditemukan selamat.

“Satu korban sedang dalam pencarian. Anggota sudah turun ke danau melakukan penyisiran,” kata Budiawan, Sabtu (23/6/2018)

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 19.00 WIB. Sekitar pukul 20.20 WIB, Koordinator Pos SAR Danau Toba berkoordinasi dengan Kapolsek Onanrunggu meminta bantuan warga yang memiliki kapal untuk membantu memberikan pertolongan.

KM Petrus dan KM Horas Bunda lalu bergerak menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan operasi SAR. Namun melihat jauhnya lokasi musibah dari Posko Onangrunggu, pencarian pada malam hari tidak efektif. Tim akan kembali melakukan pencarian pada Sabtu pagi.

Kepala Sub Direktorat Penerangan Masyarakat Humas Polda Sumatera Utara , AKBP MP Nainggolan menyebutkan, perahu tersebut berangkat dari Pulau Sibandang, Tapanuli Utara, menuju pelabuhan Nainggolan, Pulau Samosir.

Diduga sekembalinya dari Pelabuhan Nainggolan, perahu mengalami padam lampu dan menabrak bambu hingga mati mesin dan perahu terbawa arus deras akibat cuaca buruk.

Dua penumpang kapal terpaksa turun ke danau untuk mendorong kapal ke tepi. Nahas salah seorang penumpang yang mendorong kapal hilang diduga terbawa arus akibat kelelahan.

“Empat korban selamat dan seorang seorang di antaranya masih dalam pencarian.” tambahnya.

Adapun korban selamat di antaranya:
1. Jospenda LumbanRaja (Nahkoda Kapal)
2. Jolam Sipayung
3. Sahat Parlindungan Simorangkir
4. Joypan Situmorang

Sebelumnya di kawasan Danau Toba ini juga terjadi kecelakaan kapal, yakni KM Sinar Bangun. Kecelakaan terjadi belum sampai sepekan yang lalu, yakni pada Senin, 18 Juni 2018.

Hingga saat ini ada 18 orang ditemukan selamat dan 3 orang penumpang KM Sinar Bangun ditemukan tewas. Sedangkan jumlah korban hilang tercatat 184 orang. Nakhoda KM Sinar Bangun telah ditetapkan sebagai tersangka kecelakaan itu. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close