Nasional

Kebocoran Data, Kominfo Tunggu Penjelasan Facebook

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hingga saat belum mendapat penjelasan dari Facebook terkait potensi penyalahgunaan data pengguna yang selayaknya diketahui pengguna.

Karena itu, Kominfo masih menunggu penjelasan dari Facebook.

Berdasarkan keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (13/4/2018), Facebook pun belum memberikan notifikasi kepada Kominfo mengenai potensi-potensi penyalahgunaan data pribadi yang berasal dari platform aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, Kominfo membutuhkan penjelasan mengenai struktur tanggung jawab di Facebook ketika terjadi penyalahgunaan dan/atau diciderainya data pribadi pengguna Facebook dari Indonesia.

“Sebab, di mana pun penanggung jawab Facebook, tetap dapat diterapkan yuridiksi virtual terhadap legislasi atau regulasi Indonesia,” kata keterangan tersebut.

Pada awal pekan ini, Facebook menyampaikan jawaban yang disampaikan oleh Kepala Perlindungan Data dari Facebook Irlandia melalui surat elektronik yang berisi penjelasan langkah yang telah diambil, antara lain melakukan audit terhadap kebocoran data pribadi dari penggunanya.

Namun, hasil audit tersebut belum disampaikan secara lengkap dan rinci kepada Kementerian Kominfo. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close