Parlemen

Kebocoran 1 Juta Data Facebook, Ketua DPR: Kalau Perlu Bentuk Pansus

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah Komisi I DPR yang akan memanggil representasi tertinggi Facebook di Indonesia untuk dimintai keterangan terkaitnya boconya sejuta lebih data user Facebook dari Indonesia.

“Mengingat Amerika dan Inggris Raya (United Kingdom) sudah melakukannya, seharusnya Indoensia melakukan itu. Jika perlu, bentuk Pansus,” tegas Bamsoet, Jumat (6/4/2018).

Menurut politisi Golkar itu, bocornya sejuta lebih data user Facebook dari di Indonesia, itu tidak bisa dianggap enteng. Mengingat secara global, isu ini sangat besar.

“Di Indonesia, baru Kemkominfo yang angkat bicara. Itupun tidak ngefek karena sanksi yang diberikan kepada Facebook ringan sekali. Padahal Kedaulatan negara tidak hanya soal teritori darat, laut, dan udara, tapi juga ruang siber,” ujarnya.

Bocornya data pengguna Facebook yang dikumpulkan Cambridge Analytica suka atau tidak suka kata Bamsoet, hal itu akan menjadi masalah untuk Indonesia karena tidak hanya ada lebih dari satu juta user yang datanya bocor, tapi juga masalah hoax dan fake news yang sudah mewabah di Indonesia.

Apalagi menjelang tahun politik ini menurut Bamsoet, sudah seyogianya Indonesia melakukan investigasi dan meminta keterangan langsung kepada perwakilan Facebook di Indonesia.

“Indonesia adalah negara yang datanya paling bocor no 3 setelah Amerika dan Filipina,” pungkasnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close