Kebijakan Olahraga Terukur Perkuat Pembinaan Atlet

Kebijakan Olahraga Terukur Perkuat Pembinaan Atlet

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Staf Khusus Menteri Bidang Olahraga Tommy Kurniawan, mengungkapkan, kebijakan sektor keolahragaan nasional secara terukur akan membantu memperkuat pembinaan atlet sejak dini demi memunculkan atlet-atlet berprestasi tingkat nasional.

“Kebijakan politik harus mampu melahirkan kebijakan-kebijakan dalam bidang olahraga, baik olahraga prestasi ataupun olahraga pendidikan dan olahraga rekreasi,” kata Tommy, dalam seminar Kebijakan Olahraga di Jakarta, Senin (30/7/2018).

Rumusan kebijakan olahraga mulai dari tingkat kota/kabupaten ke provinsi dan nasional secara terukur, lanjutnya, akan memperkuat fundamental program pembinaan olahraga di sekolah-sekolah.

“Kemunculan atlet berprestasi secara nasional merupakan proses panjang dari tingkat dasar di Pusat-Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). Kemunculan atlet berprestasi itu harus dikawal dengan kebijakan politik yang tepat,” kata Tommy.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta mengatakan PPLP menjadi kawah candradimuka untuk mencetak atlet-atlet muda berpretasi selain pendidikan dini di sekolah-sekolah dasar.

Baca Juga

“Pendidikan olahraga atau pendidikan jasmani itu bukan sekedar mendidik fisik melainkan juga mendidik mental seperti penguatan kerjasama dan menghormati pelatih, bahkan menghormati lawan,” kata Isnanta. (JS)