Nasional

Keberhasilan Aparat Keamanan Asian Games Diapresiasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Anggota kelompok ahli Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Somomoeljono mengapresiasi keberhasilan aparat keamanan mewujudkan Asian Games 2018 yang bebas dari aksi teror.

“Saya mengapresiasi kinerja seluruh pihak terkait, yakni Polri, TNI, BNPT, BIN, dan lain-lain, yang sangat intens selama Asian Games ini,” kata Suhardi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (9/3/2018).

Menurut dia, lancar dan amannya Asian Games 2018 sangat melegakan sekaligus membuktikan Indonesia negara aman, terutama dari gangguan kelompok radikal teroris.

Ia berharap spirit Energy of Asia yang dibawa Asian Games 2018 bisa terus mengilhami bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa besar dan mampu bersaing di era globalisasi.

Peneliti Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Adnan Anwar menilai sukses Asian Games 2018 membuktikan bahwa solidaritas dan soliditas bangsa-bangsa di Asia sangat kuat.

Di Asian Games 2018, kata Adnan, negara-negara Asia bisa sejenak melupakan konflik-konflik yang terjadi.

“Inilah yang dimaksudkan dengan Energy of Asia untuk menyatukan dunia yang penuh perbedaan ini. Di ajang Asian Games ini seluruh corak perbedaan berhasil disatukan dengan energi sportivitas dan fair play menjunjung tinggi kejujuran,” ujar Adnan.

Adnan mengatakan Asian Games 2018 berhasil membuka mata dunia tentang perdamaian dan kebesaran Indonesia. Bukan saja luas wilayah, kekayaan sumber daya alam, besarnya jumlah penduduk, dan juga pembangunan yang telah dicapai, melainkan juga konsep Bhinneka Tunggal Ika yang mampu menghadirkan satu Indonesia di dalam dan di luar arena.

“Ini yang menyebabkan para peserta Asian Games mengagumi kebesaran Indonesia karena mampu menyatukan jutaan perbedaan dalam satu negara NKRI,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close