Kebakaran Hebat, 80 Rumah di Lahat Hangus dan Ratusan Warga Mengungsi

Kebakaran Hebat, 80 Rumah di Lahat Hangus dan Ratusan Warga Mengungsi
Kebakaran hebat di Lahat (foto inews.id)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kawasan permukiman padat penduduk di Kelurahan Pasar Bawah, Kota Lahat, Sumatera Selatan dilanda Kebakaran hebat pada Minggu (4/10/2020). Kebakaran yang berlangsung selama dua jam itu mengakibatkan puluhan rumah ludes dilalap api.

Kondisi cuaca yang kering disertai angin kencang dan bangunan berbahan kayu menyebabkan api cepat menjalar melalap seluruh rumah warga di dua wilayah rukun tetangga (RT).

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran itu, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Kebakaran tersebut juga memaksa ratusan warga mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Sekda Lahat, Januarsyah Hambali mengatakan, kondisi kawasan permukiman penduduk yang hanya memiliki jalur lorong sempit juga menambah kesulitan petugas pemadam memasukan selang air ke titik api.

“Warga dan petugas berjibaku memadamkan api. Sumber api ini masih dalam penyelidikan petugas terkait,” katanya.

Dia mengatakan, sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api baik dari Pemkot Lahat maupun dari perusahaan di sekitar lokasi kejadian. “Kobaran api ini bisa kita atasi dua jam setelah kejadian,” ucapnya.

Terkait kejadian itu, Pemkot Lahat melalui Dinas Sosial sudah mendirikan dapur umum untuk membantu dan menyediakan kebutuhan logistik korban kebakaran yang kini kehilangan tempat tinggal.

"Kita bangun dapur umum untuk para korban kebakaran ini. Kita juga tetap anjurkan warga pakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19," katanya.