Kebakaran Hanguskan Ratusan Kios di Pasar Cipluk Jakut

Kebakaran Hanguskan Ratusan Kios di Pasar Cipluk Jakut
Ilustrasi Kebakaran (foto CNNIndonesia)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kebakaran menghanguskan ratusan kios dan rumah di Pasar Cipluk, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, pada Kamis (10/9) Pukul 23.05 WIB malam. Tercatat 120 kios dan 10 rumah warga setempat, tepatnya di Jalan Rawa Bebek RT 12 RW 11 menjadi korban amukan si jago merah.

"Tidak ada korban jiwa, yang terdampak 120 kios pasar dan 10 rumah warga. Rencananya posko pengungsian di Pos RW," kata Lurah Penjaringan Harsono saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (11/9/2020).

Dihubungi terpisah, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Rahmat Kristantio menyebut kebakaran pada Kamis malam telah dipadamkan pada pukul 03.43 WIB Jumat (11/9) dini hari.

Sebanyak 25 unit kendaraan pemadam kendaraan dan 125 personel dikerahkan untuk memadamkan api yang merambat ke rumah warga.

Sementara ini, kebakaran diduga karena percikan api dari korsleting listrik di rumah salah satu warga setempat.  

"Awal api berasal dari rumah kontrakan Pak Doni. Taksiran kerugian Rp400 juta, dari 10 KK terdampak atau 40 jiwa," jelasnya.

Ketua RT 14 Abdul Rozak menduga hal serupa bahwa kebakaran yang melanda kurang lebih 1.000 meter persegi ini terjadi karena arus pendek listrik.  

"Mungkin sumbernya itu dari korslet listrik, terus tidak berapa lama apinya langsung besar," kata Rozak dikutip dari siaran CNNIndonesia TV, Jumat (11/9). 

Kebakaran yang melanda kios dan permukiman warga juga terjadi sebulan lalu di daerah Tomang, Jakarta Barat. Sebanyak 190 kios semi permanen dan 10 rumah warga terdampak kebakaran besar yang terjadi pada Jumat (7/8) 01.30 dini hari lalu.

Kasiops Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Eko Sumarno mengatakan kebakaran dini hari itu disebabkan oleh korsleting pada kabel instalasi pasar. Imbasnya, pasar seluas 5.000 meter persegi itu hangus terbakar.