Kebakaran di RS Bethesda Yogyakarta, Pasien Suspect Corona Dievakuasi

Kebakaran di RS Bethesda Yogyakarta, Pasien Suspect Corona Dievakuasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kebakaran terjadi di ruang pemulihan (recovery room) Rumah Sakit (RS) Bethesda Lempuyangwangi di Daerah Istimewa Yogyakarta sekitar pukul 18.30 WIB, Senin (3/8). Akibatnya, sembilan pasien rawat inap di rumah sakit tersebut terpaksa dievakuasi.

Koordinator Lapangan PSC 119 DIY, Kudiana menyebutkan, dari sembilan pasien tersebut, delapan orang dipindahkan ke RS Bethesda Induk yang berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 70 Yogyakarta, dan satu orang lainnya memilih pulang karena dalam proses menunggu jadwal operasi.

Dari delapan pasien yang dipindahkan ke RS induk tersebut, lanjut Kudi, salah satunya merupakan pasien suspect Covid-19 sehingga ditempatkan di ruang isolasi.

Sebagai catatan, suspect corona merujuk pada istilah medis yang menyatakan seorang pasien diduga mengidap corona, tapi belum bisa dipastikan positif atau negatif.

“Pasien yang suspect itu seorang laki-laki, usia 57 tahun,” ungkap Kudi kepada CNNIndonesia.com, Senin (3/8).

Menurut Kudi, pasien suspect tersebut dalam kondisi stabil.

Proses evakuasi pasien dengan mengerahkan delapan unit ambulans tersebut berlangsung sejak pukul 18.43 WIB dan seluruh pasien mendapatkan tempat perawatan di RS Bethesda induk, sekitar pukul 21.00 WIB.

Sementara Kepala Bidang Penanggulangan Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta Rudi Firdaus menjelaskan peristiwa kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik itu langsung mendapatkan penanganan tiga unit mobil Damkar dari unit Kota Yogyakarta dibantu BPBD, unit UGM, dan unit Kabupaten Sleman.

“Sekitar pukul 20.15 WIB, api mulai dapat dipadamkan,” terang Rudi. (WS)