KCIC Minta Maaf, Proyek Kereta Cepat Bikin Tol Padaleunyi Banjir

KCIC Minta Maaf, Proyek Kereta Cepat Bikin Tol Padaleunyi Banjir

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Terjadinya banjir di jalan tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) diduga disebabkan oleh proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Banjir setinggi 30 cm terjadi pada kemarin sore, tepatnya di KM 130.

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Mirza Soraya mengatakan, banjir tersebut terjadi akibat curah hujan yang cukup deras. Hal ini membuat volume air meningkat karena bertepatan dengan proses pengerjaan relokasi tanggul penahan air di kawasan tersebut.

“PT KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pengguna jalan dan memastikan pihak kontraktor akan menyelesaikan proses pembangunan tanggul dalam pekan ini,” ujar Mirza lewat keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020).

Dalam jangka pendek, kata Mirza, kontraktor telah diminta untuk membuat bukaan (shortcut) untuk mengurangi level air yang menggenang. Selain itu, pemompaan sisa air yang terjebak di cekungan juga dilakukan.

Mirza menyebut, KCIC terus berkoordinasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk mengatasi genangan air. Pada pukul 20.30 WIB Rabu (12/8/2020), kondisi genangan telah surut dan lalu lintas kendaraan berjalan normal.

“Jasa Marga dan KCIC terus memantau dan memastikan metode kerja kontraktor sesuai dengan mengikuti standar yang berlaku,” ucapnya.