BUMN

Kawasan Food Estate Akan Dibangun Gudang Bulog

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Untuk mendukung rencana pemerintah membangun proyek lumbung pangan (food estate) di Kalimantan Tengah, Perum Bulog berencana membangun gudang beras dan komoditas pangan.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan gudang akan dibangun di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah yang menjadi lokasi pengembangan food estate.

“Bulog juga sudah mempersiapkan, salah satunya di Pulang Pisau kami baru membangun, kata presiden di sana akan menjadi lumbung pangan nasional, kami sudah mempersiapkan juga,” kata Buwas di Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Buwas memperkirakan lumbung pangan nasional di Kalteng memiliki produktivitas gabah sekitar 4 ton per hektare.

Potensi luas lahan proyek food estate di Kalteng diperkirakan mencapai 165 ribu hektare. Dari total tersebut, Buwas mencatat lahan seluas 48 ribu hektare sudah berproduksi setiap tahun.

Sehingga, keberadaan gudang penyimpanan diperlukan untuk menjaga ketahanan pangan.

“Sawah yang sudah produksi 48 ribu hektare, sisanya ini akan digalakkan (Kementerian) Pertanian, artinya produksi akan banyak, belum daerah-daerah lain yang sekarang mulai tanam, artinya akan menjadi swasembada pangan di wilayah itu,” kata Buwas.

Presiden Jokowi akan membangun proyek food estate di Kalimantan Tengah untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan yang terjadi akibat virus corona. Ia telah memerintahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mengkomandoi pelaksanaan proyek tersebut.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close