Lintas Daerah

Kasus TBC Tinggi, Dinkes Jabar Gencarkan Penanganan

CIANJUR, SENAYANPOST.com – Temuan kasus penyakit tuberkulosis (TBC) yang masih tinggi membuat Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, menggencarkan penanganan TBC dari deteksi dini, pengobatan, hingga edukasi warga.

Setiap tahun, kata Kepala Dinas Kesehatan Cianjur Tresna Gumilar, banyak warga Cianjur yang positif TBC mulai dari anak-anak hingga dewasa. Di RSUD Cianjur, TBC pula yang menjadi penyakit yang paling banyak ditangani.

“Kami sedang fokus untuk penanganan TBC tahun ini, terlebih ada surat edaran dari Provinsi Jawa Barat yang bertepatan dengan peringatan Hari Tuberkolosis Sedunia,” kata Tresna di Cianjur, Selasa (27/3/2018).

Fokus penanganan TBC, katanya, sudah berskala nasional mengingat kasus TBC secara nasional mencapai 1.020.000 kasus pada tahun 2017, menurut Global TB Report.

“Hal tersebut mendorong dinas lebih menyuarakan gerakan masyarakat sehat (Germas) untuk menekan TBC. Tema tahun ini, adalah peduli TBC, Indonesia Sehat. Kami pun akan turut berkontribusi menekan TBC di Cianjur,” katanya.

Upaya-upaya penanganan yang dilakukan adalah deteksi dini dan pencegahan penularan TBC meliputi edukasi TBC, krining gejala TBC serta pemberian masker pada orang bergejala batuk.

Dia menyebutkan, dari hasil akhir pengobatan sejak beberapa tahun terakhir, kesuksesan penanganan TBC di Cianjur mencapai 92,3 persen, dari target 90 persen. Sementara angka gagal 0,3 persen, atau dibawah ketentuan yang tidak boleh lebih dari 4 persen.

“Kami upayakan penyebabnya diantisipasi, mulai dari pencemaran lingkungan dan lainnya. Mereka yang sudah terkena TBC didorong untuk rutin minum obat hingga batas waktu yang ditentukan tanpa terputus,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close