Kasus Ibu Kandung Jual Bayi, Suami Jadi Tersangka

Kasus Ibu Kandung Jual Bayi, Suami Jadi Tersangka

SUMSEL, SENAYANPOST.com - Polrestabes Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menetapkan Bobi (28) suami dari Anita (25) atau ayah kandung bayi yang dijual ibunya seharga Rp7 juta sebagai tersangka baru.

"Bobi sebagai tersangka karena ikut terlibat dalam kasus penjualan bayi ini," kata Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira, didampingi Kasat Reskrim Kompol Tri Wahyudi kepada wartawan, Sabtu (30/10/2021).

Bobi ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani pemeriksaan di Uni PPA Polrestabes Palembang. Sebelum bayi itu terjual, rupanya Bobi ingin bayi yang dilahirkan Anita istrinya warga Jalan Kemang Manis, Kecamatan Ilir Barat (IB) Palembang tersebut, dijual Rp10 juta. 

Tapi, nyatanya bayi malang itu hanya laku Rp7 juta melalui perantara kepada pasangan suami istri (pasutri) yang tidak memiliki anak di Kabupaten OKU Selatan. Karena tak sesuai keinginannya, Bobi akhirnya melaporkan istrinya ke polisi.

Fakta lainnya, menurut Kasat, ternyata tersangka Bobi turut menikmati hasil penjualan bayi itu sebesar Rp2 juta dan uangnya dibelikan sabu.

Baca Juga

Atas perbuatannya, ayah kandung bayi ini dijerat dengan Pasal 76 F junto Pasal 83 UU RI No.35 tahun tentang Perubahan atas UU Ri No 32 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Dalam ungkap kasus ini sehari sebelumnya, Jumat (29/10/2021), Polrestabes Palembang menetapkan empat tersangka, masing-masing Anita (25) ibu kandung bayi, Rohima (47), Putri Anggraini (27) dan Nazori (37). 

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Hermanto, saat turun langsung dalam press conference menyampaikan, bayi tersebut dihargai Rp7 juta. Uang Rp6 juta diterima Anita dan Rp1 juta mengalir ke Rohima dan anaknya Putri.

"Masing-masing perantara dapat Rp500 ribu, ibu bayi menerima Rp6 juta,” ujar Irjen Pol Toni Hermanto. (*)