Lintas Daerah

Kasus HIV/AIDS di Sukabumi Didominasi para Gay

SUKABUMI, SENAYANPOST.com – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi mengungkapkan para pelaku seks menyimpang seperti gay menempati peringkat pertama dalam kasus HIV/AIDS.

“Di Sukabumi tercatat sebanyak 998 orang merupakan gay. Dari jumlah itu, 213 orang di antaranya penderita HIV/AIDS,” kata Pengelola Program KPA Kabupaten Sukabumi, Dian Hendayana Saputra, di Sukabumi, Rabu (17/10/2018).

Urutan berikutnya adalah kalangan ibu rumah tangga sebanyak 144 orang. Peringkat ketiga ditempati kelompok wanita pekerja seks (WPS) 100 kasus.

“Sedangkan anak sebanyak 38 orang, pengguna napza suntik sebanyak 37 orang, dan waria sebanyak 16 orang,” katanya.

Angka tersebut, menurut Dian Hendayana Saputra, berdasarkan hasil pemetaan populasi kunci akhir Desember 2017 oleh tim gabungan dari KPA, Dinas Kesehatan dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), lembaga penelitian sosial dan agama (LENSA) Sukabumi.

Menurutnya, Dinkes, dan LSM Lensa terus berupa dan memberikan perhatian kepada para gay ini. Selain itu, mengedukasi mereka supaya tercegah dan tertularnya HIV/AID.

Ia menambahkan, pihaknya terus memberikan edukasi, informasi, bagaimana cara penularan dan pencegahannya. Namun yang jadi masalah, sebenarnya mereka tahu secara komprehensif, tapi dari segi perilaku mereka jarang diterapkan padahal itu beresiko.

“Misalnya menggunakan alat pengaman sehingga penularan HIV/AID di kakangan gay ini cukup tinggi,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close