Hukum

Kasus E-KTP, KPK Klaim Miliki Bukti Kuat Keterlibatan Pihak Lain

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan, pihaknya telah mengantongi bukti dan fakta kuat keterlibatan pihak lain dalam kasus dugaan korupsi e-KTP.

“Bukti-bukti relatif sudah sangat kuat, tapi KPK tentu tetap harus cermat,” ujar Febri, Kamis (21/6).

Penyidik secara maraton memeriksa sejumlah amggota DPR. Salah satu saksi yang dipanggil untuk ditelisik soal dugaan aliran dana korupsi e-KTP ke pihak-pihak lain ialah Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Mantan Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Melchias Marcus Mekeng, mantan Wakil Ketua Banggar Mirwan Amir, mantan Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa dan mantan anggota Komisi II Khatibul Umam Wiranu juga diperiksa untuk kasus tersebut.

Selain itu, anggota DPR Fraksi PDIP Arif Wibowo, mantan Ketua Fraksi Demokrat Jafar Hafsah, mantan Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf tak luput dari panggilan penegak hukum.

Febri masih belum mau mengungkap detail hasil pemeriksaan mereka.

“Nanti segera dipelajari kembali hasil-hasil pemeriksaan tersebut,” ucapnya.

Febri mengakui ada sejumlah fakta baru yang muncul. Bukan tak mungkin ada anggota DPR lainnya yang dimintai keterangan terkait korupsi megaproyek bernilai Rp5,8 triliun tersebut.

“Jika masih ada kebutuhan pemeriksaan saksi-saksi, dapat dipanggil kembali apalagi menyangkut fakta-fakta yang sifatnya spesifik ke tersangka tersebut dan fakta baru yang berkembang,” katanya.

KPK baru-baru ini memberi sinyal membuka penyelidikan baru kasus dugaan korupsi e-KTP. Tak menutup kemungkinan ada tersangka baru. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close