Kasus Corona Global Lampaui 30 juta

Kasus Corona Global Lampaui 30 juta
Ilustrasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kasus infeksi virus corona covid-19 secara global terus meningkat dan melampaui 30 juta kasus pada Kamis (17/9/2020).

Berdasarkan data Worldometer, hingga Kamis (17/9) total tercatat 30.036.868 kasus infeksi corona.

Mengutip Reuters, India saat ini menjadi episenter corona baru, meskipun gabungan Amerika Utara dan Selatan masih menyumbang hampir setengah dari kasus global.

Jumlah infeksi harian seluruh dunia menembus rekor dalam beberapa terakhir, dan kasus kematian global juga mendekati angka 1 juta kasus.

Kasus infeksi terus meningkat disaat berbagai negara berlomba-lomba mengembangkan dan mendistribusikan vaksin corona.

WHO mencatat, jumlah kasus virus corona dunia yang terkonfirmasi saat ini lebih banyak lima kali lipat dari jumlah penyakit influenza parah yang tercatat setiap tahun.

Kematian akibat influenza sebanyak 290 ribu-650 ribu kematian per tahun.

Kasus corona di India pada Rabu (16/9) telah melampaui 5 juta kasus, hanya satu tingkat di bawah Amerika Serikat dengan 6,8 juta kasus corona.

India yang merupakan negara terpadat kedua di dunia itu telah melaporkan lebih banyak kasus infeksi harian baru pada bulan Agustus dibandingkan dengan AS. Sehingga negara di Asia Selatan itu menyumbang lebih dari 16% kasus global.

Amerika Serikat memiliki sekitar 20% dari seluruh kasus global, sementara Brasil, negara terparah ketiga, menyumbang sekitar 15% dari kasus global.

Pakar kesehatan dunia menekankan soal data resmi yang mungkin tidak dilaporkan terutama di negara-negara dengan kapasitas pengujian terbatas.