Nasional

KASAD Jenderal TNI Andika Pimpin Sertijab Pangdam XIII/Merdeka dan Pangdam XIV/Hasanuddin

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Dalam rangka pembinaan organisasi, dan personel serta kesinambungan kepemimpinan, guna meningkatkan kualitas kinerja satuan dalam mendukung tugas pokok TNI AD, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Pengamanan (Aspam) Kasad, Kepala Staf Ahli (Kasahli) Kasad, Pangdam XIII/Merdeka dan Pangdam XIV/Hasanuddin bertempat di Gedung E Lantai Dasar, Mabesad, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilisnya di Jakarta menjelaskan, Jabatan Aspam Kasad diserahterimakan dari Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang kepada Mayjen TNI Widodo Iryansyah, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasahli Kasad. Selanjutnya, Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang menempati posisi baru sebagai Pangdam XIII/Merdeka menggantikan Mayjen TNI Tiopan Aritonang yang diangkat menjadi Asops Panglima TNI, sejak tanggal 24 September 2019.

Selain itu, sambung Candra, juga diserahterimakan jabatan Pangdam XIV/Hasanuddin dari Mayjen TNI Surawahadi kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka, yang sebelumnya menjabat sebagai Sahli bidang Ideologi dan Politik BIN. Sedangkan, Mayjen TNI Surawahadi selanjutnya menempati posisi Kasahli Kasad menggantikan Mayjen TNI Widodo Iryansyah.

“Mayjen TNI Surawahadi sebelumnya pernah mengemban sejumlah jabatan penting antara lain Danpusennif Kodiklatad, Ir Kodiklatad TNI dan Dirlat Kodiklatad TNI,” imbuh Candra.

Untuk diketahui Pangdam XIV/Hsn yang baru, Mayjen TNI Andi Sumangerukka merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Beberapa jabatan penting yang pernah diembannya antara lain adalah Sahli bidang Ideologi dan Politik BIN, Kabinda Sulawesi Tenggara BIN, Irdam V/Brw, Danrem 143/Haluoleo, dan Asintel Kodam I/BB.

Sementara, Pangdam XIII/Merdeka yang baru, Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Sebelumnya pernah menempati sejumlah jabatan penting antara lain Wadan Sesko TNI (2019), Wadanjen Akademi TNI (2018), Kapuspen TNI (2018), Pa Sahli Tk.III Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI (2018), dan Aspam Kasad (2019).

Sedangkan Aspam Kasad yang baru, Mayjen TNI Widodo Iryansyah, yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 dan lulusan Lemhannas tahun 2014, pernah menduduki beberapa jabatan penting antara lain Kasdam V/Brawijaya (2017), Danrem 121/Alambhana Wanawai, Kodam XII/Tpr (2015), Danrem 081/Dhirotsaha Jaya (2013) dan Asintel Kasdam III/Slw (2011).

Ditambahkan Kadispenad bahwa alih tugas dan serah terima jabatan di lingkungan organisasi TNI AD, merupakan bagian dari proses pembinaan organisasi dan personel, sekaligus regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan, dalam rangka mendorong semangat pembaruan dan penyegaran pemikiran, yang diproyeksikan bagi peningkatan kinerja organisasi TNI AD.

Rangkaian acara Sertijab 5 pejabat TNI AD, antara lain ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas, penyerahan Pataka Kodam, penandatanganan naskah serah terima jabatan, pemasangan tanda pangkat, dan jabatan serta penyerahan tongkat komando oleh Kasad.

Kegiatan Sertijab yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut, diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang melaksanakan Sertijab beserta istri oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dengan didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, dan diikuti tamu undangan lainnya.

Sebelum pelaksanaan Sertijab, Kasad memberikan apresiasi kepada para Perwira Tinggi (Pati) dan prajurit TNI AD yang meraih juara pada lomba tembak Piala Panglima TNI Cup 2019. Selain itu, para tamu undangan dan peserta upacara juga menyaksikan tayangan slide show dokumentasi foto-foto kegiatan perjalanan karier kelima pejabat yang melaksanakan Sertijab, sejak pendidikan pembentukan/taruna hingga menempati posisi saat ini, melalui videotron yang berada di sisi lapangan Mabesad.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pangkostrad, Dankodiklatad, Irjenad, Danjen Kopassus, para Asisten dan Wakil Asisten Kasad, Komandan/Kabalakpus TNI AD, para pejabat Kodam XIII/Merdeka dan Kodam XIV/Hasanuddin, Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa beserta Pengurus Pusat serta perwakilan prajurit dan PNS TNI AD yang bertugas di lingkungan Mabesad.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close