Nasional

KASAD Jenderal TNI Andika dan Istri Duduk di Pelaminan Bak Pengantin Baru

JAKARTA, SENAYANPOST.com – KASAD Jenderal Andika Perkasa bersama istri, Diah Erwiany sedang berada di Aceh. Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Youtube TNI AD, Jenderal Andika sedang mengikuti sebuah upacara penyambutan khas Aceh.

Kabarnya Jenderal Andika menjalani prosesi adat untuk menjadi warga Aceh. KASAD Jenderal Andika dan Istri juga terlihat duduk di sebuah kursi yang mirip seperti pelaminan.

Berikut ulasannya:

Disambut dengan Tarian

Dalam unggahan video di akun Youtube TNI AD berjudul ‘Resmi Kasad Jadi Warga Aceh’, memperlihatkan dimana Jenderal Andika dan Istri disambut menggunakan tari Ranup Lampuan.

Tari Ranup Lampuan merupakan sebuah tarian penyambutan seni monumental yang dilahirkan oleh para seniman Aceh. Tari ini dibawakan oleh penari wanita dengan menyuguhkan sirih sebagai tanda terima masyarakat.

“Memang dengan adat Aceh siapapun tamu itu harus disambut dengan penuh hikmat. Sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada tamu yang datang ke tempat kita,” ungkap Ketua Majelis Adat.

Duduk di Pelaminan

Setelah penyambutan dengan tarian Ranup Lampuan Jenderal Andika dan istri pun lalu dipersilahkan duduk di kursi layaknya pelaminan untuk mengikuti prosesi adat yang lain. Hal ini membuat Jenderal Andika dan istri terlihat seperti pengantin baru yang sedang melakukan prosesi adat pernikahan.

Prosesi Menabur Beras

Prosesi pertama yaitu menabur beras dan padi sebagai simbol kemakmuran yang dilanjutkan dengan mencipratkan air. “Indonesia ini kan negara agraris ya jadi dengan padi dan beras ini sebagai lambang kemakmuran,” kata ketua Majelis Adat.

Pemberian Nasi Ketan

Prosesi selanjutnya ialah pemberian nasi ketan yang bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi.

Pemberian Amplop

Pemberian amplop juga merupakan salah satu rangkaian adat sebagai simbol penghargaan.

Makna dari Proses Upacara Penyambutan

Yang terakhir, ketua Majelis Adat menyematkan sebuah ‘Pin’ di saku baju kasad Jenderal Andika sebagai lambang semboyan tanda kebesaran sebuah daerah Aceh. Selanjutnya juga penyerahan liontin Aceh kepada Diah Erwiany yang melambangkan wanita Aceh yang cantik dan selalu dekat di hati untuk semua orang.

Bersalaman dengan Tamu

Terakhir para tamu undangan datang untuk menyalami Jenderal Andika dan istri di pelaminan.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close