Metropolitan

Kapolsek Duren Sawit: E-KTP Tercecer Sudah Tidak Berlaku Lagi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlindungan Sutasuhut mengatakan seribuan E-KTP tersebut tidak bisa disalahgunakan. Sebab E-KTP sudah tidak berlaku lagi.

“E-KTP itu sudah nggak berlaku lagi, sudah tidak bisa digunakan, nggak ada manfaat lagi,” kata Parlindungan Sutasuhut, Sabtu (8/12/2018).

Suhut menegaskan sejauh ini tidak ada dugaan penyalahgunaan dalam penemuan e-KTP itu.

“Masalah ini akan segera kami limpahkan ke Polres Jaktim,” katanya.

Sebelumnya anak-anak menemukan 1.706 lembar E-KTP dalam karung di Duren Sawit, Jakarta Timur. Kebanyakan e-KTP itu sudah tidak berlaku lagi atau expired.

“Anak-anak kecil lagi main bola, lalu nemuin karung. Namanya anak anak, pas dikeluarin isinya, ternyata blanko KTP tapi sudah pada expired, sudah habis masa berlakunya. Ada yang berlaku tapi tinggal 1-2 bulan lagi,” kata Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlindungan Sutasuhut.

Suhut mengatakan e-KTP itu ditemukan anak-anak sekitar pukul 13.30 WIB. Polisi belum mengetahui bagaimana e-KTP itu bisa tercecer.

“Masih dalam penyelidikan, karena KTPnya sudah banyak yang expired, mungkin kalau di kelurahan KTP yang sudah diganti yang baru, yang lama diambil, dikumpulin, di situlah mungkin awalnya. Tapi kenapa bisa sampai ditemukan masyarakat di persawahan seperti itu? masih dalam penyelidikan,” ujarnya.

Suhut menegaskan e-KTP tersebut tidak bisa disalahgunakan. Sebab, e-KTP sudah tidak berlaku lagi.

“Kalau sudah nggak berlaku sudah tidak bisa digunakan, nggak ada manfaat lagi,” tuturnya.

Suhut menegaskan sejauh ini tidak ada dugaan penyalahgunaan dalam penemuan e-KTP itu. Masalah ini akan segera dilimpahkan ke Polres Jaktim.

E-KTP tersebut ditemukan di daerah Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Jakarta Timur. Kepolisian akan berkoordinasi dengan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta untuk menelusuri sumber e-KTP itu.

“Nanti kita koordinasi dengan Disdukcapil DKI, kalau wilayah ini siapa yang berwenang melakukan distribusi? Kenapa sampai tercecer?” ucap dia. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close