NasionalPolitik

Kapolri Tito Karnavian Bakal Diganti dengan Empat Kandidat ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Masa bakti Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan habis pada era pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Bursa calon Kapolri kini ramai diperbincangkan karena ada empat kandidat kuat dengan latar belakang yang beragam.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane menyebutkan keempat kandidat kuat pengganti Tito adalah lulusan Akademi Polisi (Akpol) terbaik. Jika dilihat dari tahun angkatan, keempat calon kandidat Kapolri rata-rata masuk Akpol jelang awal tahun 1990.

Ada empat nama tersebut antara lain Irjen Luki Hermawan yang kini menjabat Kapolda Jawa Timur. Irjen Luki angkatan tahun Akpol 1987 atau satu angkatan dengan Jenderal Tito Karnavian.

Kandidat kedua yakni Irjen Eddy Pramono yang diketahui sedang menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Di Akpol, Eddy berada satu tingkat di bawah Luki dan Tito.

Calon Kapolri ketiga, Irjen Agus Andriyanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara. Agus merupakan Akpol Angkatan 1989.

Keempat, Irjen Ahmad Dofiri yang kini menjabat sebagai Kapolda Yogyakarta. Dofiri seangkatan dengan Irjen Agus dan merupakan lulusan terbaik atau Adimakayasa.

Neta menuturkan, sebelum didaulat menjadi Kapolri, para kandidat akan diangkat terlebih dahulu pangkatnya menjadi Komisaris Jenderal (Komjen). Nantinya, kandidat yang baru akan menggantikan Komjen yang pensiun.

“Ada dua Komjen yang akan pensiun, yakni Kepala Badan Pemelihara Keamana (Kabaharkam) Komjen Condro Kirono dan Wakapolri, Komjen Ari Dono Sukmanto,” terang Neta.

Ia menambahkan, sejumlah sumber di Mabes Polri menyebutkan, calon Kapolri pengganti Tito Karnavian diharapkan tidak satu angkatan dengan Tito, tapi dari angkatan Akpol yang lebih muda, sehingga terjadi regenerasi pimpinan di lembaga kepolisian.

“Namun, keputusan akhir tetap ada di tangan Presiden Jokowi sebagai pemegang hak prerogatif,” tandasnya. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close