Nasional

Kapolri Nilai Aturan Ganjil-Genap di Tol Berjalan Efektif

BEKASI, SENAYANPOST.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, penerapan sistem ganjil-genap di ruas tol Jakarta-Cikampek sejak lima hari lalu berjalan efektif dan mampu mengatasi kepadatan lalu lintas kendaraan.

“Selama lima hari penerapan ganjil-genap, kita lihat tren yang bagus,” kata Tito di Bekasi Selatan, Jumat (16/3/2018).

Selain penerapan sistem ganjil-genap, pemerintah juga menerapkan paket kebijakan pengaturan kendaraan golongan III-IV dan V serta kebijakan lajur khusus angkutaan umum dan bus. Ketiga paket tersebut dinamakan program Green Line.

Ia menjelaskan paket kebijakan tersebut membuat warga Kota Bekasi dan sekitarnya berangkat lebih awal dan beralih menggunakan gerbang tol lain.‎ Paket kebijakan ini, efektif dalam mengurai kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek.

Kendaraan pribadi yang pelat nomornya dilarang masuk Ke GT Bekasi Timur dan Bekasi Barat, sejak pukul 06.00-09.00 WIB, menyiasati dengan keberangkatan waktu lebih awal atau menghindari masuk ke GT Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

“Sistem ganjil-genap, terjadi pemerataan, penyebaran waktu, tadinya jam 06.00 sampai jam 09.00 menjadi lebih cepat sedikit lah, jam 05.00-06.00,” katanya.

Para pengendara memilih beberapa GT yakni GT Cikunir 2, Cikunir 3 dan GT Tambun (Grandwisata) untuk menghindari penerapan sistem ganjil-genap sehingga terjadi penurunan beban kendaraan sebanyak 40-50 persen.

“Ini membuat kecepatan arus lalu lintas menjadi lebih lancar,” tuturnya.

Kendaraan bisa dipacu dengan kecepatan mencapai 60 km/jam setelah diberlakukannya program tersebut.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close