Tak Berkategori

Kapolda: Saat Asian Games Jawa Barat Harus Aman

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkapkan, menjelang pelaksanaan Asian Games 2018, pihaknya mengamankan 270 preman jalanan.

Langkah tegas kepolisian ini, menurut Budi Maryoto, sebagai upaya untuk menciptakan kondisi yang aman menjelang dan saat pelaksanaan Asian Games 2018 pada Agustus dan September 2018 mendatang.

“Saat pelaksaan Asian Games situasi Jawa Barat harus aman,” kata Budi Maryoto di Mapolrestabes Bandung, Minggu (8/7/2018).

Ia menambahkan, total preman yang diamankan sebanyak 270 orang, dari jumlah itu, sebanyak 219 dilakukan pendataan dan pembinaan, 51 orang dilakukan proses penyidikan dengan kasus curat (pencurian dengan pemberatan), curas (curian dengan kekerasan) dan sajam (senjata tajam).

Ia menambahkan, dari 51 pelaku yang masih dalam proses penyelidikan, satu pelaku kejahatan pencurian dengan kekerasan terkena tindakan tegas berupa tembak di tempat karena melawan saat akan diamankan.

“Satu orang pelaku curas ditembak, saat ini dalam proses penyidikan di Polrestabes Bandung,” ujarnya.

Menurut dia, dalam upaya menyukseskan gelaran Asian Games 2018, Polda Jabar telah menginstruksikan jajarannya untuk berjaga di pusat-pusat keramaian masyarakat.

Ia menginginkan agar saat gelaran Asian Games dimulai, tidak ada kejadian-kejadian menonjol khususnya di Jawa Barat, yang dapat membuat situasi Kamtibmas terganggu. Selama pelaksanaan Asian Games itu, lanjutnya, situasi Jawa Barat harus aman.

Agung juga mengimbau masyarakat agar bekerja sama dengan Polri dan TNI untuk menyukseskan Asian Games. Acara internasional tersebut akan diikuti oleh 45 negara sebagai peserta pada 18 Agustus hingga 2 September di Jakarta, Jawa Barat dan Palembang.

“Di Jabar ada lima venue dan kita lakukan pengamanan sampai penginapannya,” kata dia. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close