Lintas Daerah

Kapolda DIY Ajak Umat Islam Bersyukur

YOGYAKARTA, SENAYANPOST. com – Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brigjen Ahmad Dofiri mengajak umat Islam selalu bersyukur kepada Allah, karena berada di Indonesia, negara yang mendapat anugerah keberagaman.

“Keberagaman suku, budaya, bahasa, adat istiadat, warna kulit, agama dan lain-lain adalah anugerah dan rahmat Allah yang harus senantiasa kita jaga dan pelihara,” kata Dhofiri saat menjadi khatib shalat Idul Fitri 1439 Hijriah di Alun-alun Utara, Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, bangsa Indonesia patut berbangga sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau dengan keanekaragaman adat istiadat, budaya, dan agama.

“Sungguh Allah telah menunjukkan kebesaran-Nya pada negara yang kita cintai ini,” kata Kapolda.

Bersyukur dan memelihara keberagaman, katanya,  selain akan membuat bangsa dan negara Indonesia disegani, sejatinya pemeliharaan dan penghargaan terhadap keragaman merupakan perintah Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW melalui Al-Qur`an dan Sunnahnya.

Penghargaan dan pemeliharaan terhadap keragaman, menurut dia, dapat mulai dipraktikkan dalam lingkup kehidupan yang kecil dan sederhana yaitu dalam kehidupan bertetangga.

“Islam mengajarkan kita untuk menghormati siapapun tetangga kita, baik mereka seagama, sesuku, dan sama warna kulitnya, maupun mereka itu berbeda agama, suku, dan berbeda warna kulitnya,” kata dia. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close