Nasional

Kapal Terbakar di Balikpapan, 2 Tewas

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sebuah kapal kargo bermuatan batu bara, MV Edger Judger, terbakar di perairan Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Akibat kebakaran ini, 2 orang meninggal dan 20 orang yang ada di kapal kargo berhasil dievakuasi dengan selamat.

Sebelumnya, beredar informasi bahwa kapal yang terbakar merupakan jenis kapal tanker milik PT Pertamina. Kobaran api diwartawan akibat tumpahan minyak.

“Perlu diluruskan, yang terbakar kapal batu bara yang mengangkut batu bara ke Tanjung Batu, bukan kapal tanker. Tapi karena jalurnya hampir sama, jadi dikira kapal tanker,” kata Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Reman, Sabtu (31/3/2018).

Yudi mengatakan memang terjadi tumpahan minyak di perairan Pelabuan Semayang. Namun, belum diketahui sumber kebocoran minyak tersebut. Operasional Pertamina tidak sedang mengalami penurunan.

“Tapi memang minyak itu ada di laut, itu fakta. Cuma minyaknya dari mana, itu sedang kita teliti. Termasuk LH (Lingkungan Hidup) juga tadi sedang meneliti. Kalau minyak itu kan punya fingerprint. Jadi identifikasi minyak apa, dari mana, itu masih diteliti,” katanya.

Kabid Humas Polda Kaltim Ade Yaya Suryana membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya dua orang tewas dan awak kapal sudah berhasil dievakuasi.

“Dua orang meninggal dan 20 orang yang ada di kapal kargo sudah dievakuasi,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, peristiwa ini terjadi pada pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB. Api yang menyala tersebut diduga berasal dari puntung rokok yang sengaja dibuang ke ceceran minyak. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close