Pariwisata

Kapal Pesiar Pembawa Ribuan Turis Batal Kunjungi Jayapura

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kapal pesiar Vandam yang membawa sekitar seribu orang turis asing batal mengunjungi Kota Jayapura. Kebatalan kedatangan wisatawan mancanegara ini disebabkan keadaan fisik kota di Papua ini belum pulih pasca kerusuhan belum lama ini.

Tour Guide Senior di Papua Isak Wendesi mengatakan rencananya kapal pesiar dari Perusahaan Amerika Holand berlabuh di Pelabuhan Jayapura pada Kamis (12/9/2019).

“Kondisi keamanan di Kota Jayapura mempengaruhi pembatalan kunjungan wisatawan mancanegara. Termasuk karena Kantor Bea dan Cukai di Pelabuhan Jayapura terbakar pada aksi anarkis beberapa waktu lalu,” ujar Isak Sabtu (14/9/2019).

Tak hanya itu, kata Isak, ada larangan dari pemerintah pusat yang belum mengizinkan kapal itu bersandar di Pelabuhan Jayapura, termasuk masih banyaknya sisa material kebakaran ruko atau gedung lainnya yang ada di depan mata. Keadaan kota yang masih belum indah dipandang ini dinilai tidak etis rasanya untuk disinggahi para wisman.

“Kami sangat menyesalkan kejadian belakangan ini, padahal saat ini menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan budaya Papua ke mancanegara,” kata dia seperti dilansir kaparpapua.co.

Isak berharap Papua akan mendapat kesempatan tahun depan untuk kapal pesiar bisa masuk di sejumlah pelabuhan. “Masih ada 10 kapal yang belum masuk ke Papua. Kapal-kapal ini berasal dari negara Amerika dan Belanda,” ujarnya menambahkan.

 

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close