Internasional

Kapal Migran Tenggelam di Libya, 100 Orang Hilang dan Tiga Bayi Tewas

AL-HMIDIYA, SENAYANPOST.com – Perjuangan para migran mendapat tempat tinggal yang lebih baik, bukan perkara mudah. Nyawa taruhannya. Seperti dialami sebuah kapal yang mengangkut migran dilaporkan tenggelam di wilayah perairan Libya.

Tiga jenazah bayi ditemukan, sementara lebih dari 100 penumpang lainnya masih dalam pencarian. Insiden tenggelamnya kapan terjadi pada Jumat (29/6/2018).

Kapal yang membawa sekitar 120 penumpang tersebut berangkat menjelang fajar dari pelabuhan Garaboulli, sebelah timur Tripoli.

Menurut pengakuan korban selamat, beberapa jam usai mulai berlayar, sebuah ledakan terjadi di atas kapal, mesin kapal mulai terbakar dan air masuk ke dalam kapal.

Para penumpang kemudian dipaksa untuk pindah ke sekoci penyelamat sebelum kapal tenggelam.

Sekitar 16 penumpang dalam sebuah sekoci dapat diselamatkan, namun sisanya masih belum diketahui keberadaannya, termasuk dua bayi dan tiga anak berusia di bawah 12 tahun.

“Saat saya melihat jumlah orang di kapal saya sempat menolak untuk naik ke atas kapal karena kami awalnya diberi tahu hanya akan ada 20 penumpang,” kata Amri Swileh asal Yaman, salah satu penumpang kapal yang selamat.

Dia mengaku dipaksa naik oleh penyelundup yang membawa mereka.

“Semua teman-teman Yaman saya hilang. Lima teman saya semuanya hilang,” kata Swileh dilansir AFP.

Seluruh 16 penumpang yang telah diselamatkan adalah laki-laki yang berasal dari Gambia, Zambia dan Sudan, namun disebutkan ada hingga 15 perempuan di atas kapal yang tenggelam.

Selain penumpang selamat, petugas hanya mampu mengangkut tiga jenazah anak-anak, sedangkan jenazah korban lainnya masih ditinggalkan di lokasi tenggelamnya kapal karena kekurangan sumber daya untuk membawa mereka.

“Saya terkejut saat tiba di lokasi kecelakaan kapal. Sungguh pemandangan yang mengerikan,” kaya Kapten Penjaga Pantai, Salem al-Qadhi.

Petugas penjaga pantai menerima informasi kapal migran yang celaka dari nelayan.

Sebelumnya pada 18 Juni lalu, lima jenazah migran ditemukan dan lebih dari 100 orang lainnya dapat diselamatkan dari atas kapal yang celaka di perairan Libya.

Hampir 1.000 migran telah diselamatkan pada 24 Juni dari sejumlah sekoci penyelamat yang terombang-ambing di Laut Tengah menuju Eropa.(WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close