Lintas DaerahPeristiwaTak Berkategori

Kapal Kandas, Ratusan Penumpang Dievakuasi

BABEL, SENAYANPOST.com – Ratusan penumpang kapal roro rute Jakarta – Pangkalbalam yang kandas di alur pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang mengalami pendangkalan terpaksa dievakuasi.

“Kami sempat kaget dan panik, karena kapal tiba-tiba kandas,” ujar salah seorang penumpang kapal roro rute Jakarta – Pangkalbalam, Dodi, di Pangkalpinang, Senin (20/5/2019).

Ia mengatakan, penumpang sempat kaget karena kapal roro arus mudik yang ditumpanginya bersama penumpang lainnya tiba di Pangkalbalam pada pukul 00.00 WIB dan tidak bisa masuk ke kolam pelabuhan untuk sandar karena kandas akibat pendangkalan alur pelabuhan itu.

“Kalau tidak ada kapal patroli ini, mungkin kami masih berada di kapal hingga malam nanti atau menunggu air laut pasang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kapal Patroli Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Izuar mengatakan, untuk antarjemput penumpang kapal yang kandas itu pihaknya telah menyiapkan kapal patroli. “Jadi penumpang kapal tidak perlu lagi menunggu 12 jam air pasang untuk sandar di pelabuhan,” ujarnya.

Ia mengatakan, kapal patroli berkapasitas 40 orang penumpang terus disiagakan selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

“Kami segera berkoordinasi dengan TNI Angkatan Laut dan Polair menambah kapal patroli dan langkah ini untuk mengatasi lonjakan penumpang yang diperkirakan terjadi pada H-7 lebaran nanti,” jelasnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close