Parlemen

Kamis, DPD RI Bakal Pilih Satu Pimpinan Lagi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – DPD RI akhirnya mengesahkan penambahan satu kursi pimpinan DPD RI, dari semula tiga orang kini menjadi empat orang.

Saat ini DPD RI dipimpin oleh Oesman Sapta Odang (OSO) dan dua wakil ketua yaitu Nono Sampono dan Hj. Darmayanti Lubis. Sedangkan satu pimpinan lagi akan dipilih pada Kamis (31/5/2018) mendatang.

Demikian yang diputuskn dalam sidang paripurna DPD RI ke – 13 masa sidang V rahjn 2017 – 2018 di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (22/5/2018). Sidang dipimpin OSO dan didampingi Nono Sampono dan Hj. Darmayanti Lubis.

Ketua Pansus Tatib DPD RI Ajiep Padindang mengatakan, Pansus Tatib telah menyepakati desain besar kelembagaan DPD sesuai dengan perkembangan kelembagaan dan UU MD3.

Salah satunya penambahan jumlah pimpinan DPD RI dan alat kelengkapan DPD RI.

“Pansus Tatib telah melaksanaan tugasnya dan memaparkan draf materi Tata Tertib pada masa sidang ke-11 dan masa sidang ke-12,” katanya.

Menurut Ajieb, hingga saat ini tidak ada pandangan lain dari anggota maupun Alat Kelengkapan. Dimana secara prinsip teknis maupun substansi yuridis, draf Tatib ini sudah mendapatkan pertimbangan hukum dari Prof. Jimly Asshiddiqie, Prof. Mahfud MD, dan Prof. Yusril Ihza Mahendra.

“Secara prinsip sepakat dengan konsep Tatib. Karena itu, hasil kerja ini dapat diputuskan dalam forum Paripurna ini,” jelas Ajiep.

Menurut Nono dengan telah disahkannya Tata Tertib DPD RI yang baru ini maka sudah memenuhi ketentuan Tatib tentang Penambahan satu orang unsur Pimpinan DPD RI.

“Telah disepakati pada rapat Panmus kemarin, bahwa kita akan mengagendakan Sidang Paripurna Luar Biasa untuk pemilihan satu orang unsur Pimpinan DPD RI pada tanggal 31 Mei 2018,” pungkasnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close