Kalah Adu Penalti dengan Swiss, Juara Dunia Perancis Gugur di Euro 2020

Kalah Adu Penalti dengan Swiss, Juara Dunia Perancis Gugur di Euro 2020
Timnas Perancis

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Prancis harus tersingkir dari Piala Eropa 2020 usai kalah dari Swiss 8-7 lewat adu penalti. Kylian Mbappe menjadi pesakitan usai eksekusi penaltinya gagal.

Prancis menghadapi Swiss di Arena Nationala, Bucharest, pada 16 besar Piala Eropa 2020, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB. Laga babak pertama ditutup dengan keunggulan Swiss 1-0 berkat gol dari Haris Seferovic di menit ke-15.

Selepas jeda, laga dipenuhi drama. Hal tersebut dimulai saat Ricardo Rodriguez gagal mengeksekusi penalti di menit ke-55. Prancis langsung menghukum hal itu dengan dua gol dari Karim Benzema pada menit ke-57 dan 59. Paul Pogba membawa Prancis menjauh di menit ke-75.

Tertinggal 1-3, Swiss tak menyerah. Mereka secara luar biasa bangkit menyamakan kedudukan dari gol kedua Seferovic pada menit ke-81 serta torehan Mario Gavranovic di menit ke-90.

Skor imbang 3-3 menutup 90 menit. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu. Tak ada gol tambahan di 2x15 menit extra time. Pemenangan laga ini ditentukan lewat adu penalti.

Di babak tos-tosan lima penendang Swiss sukses menjalankan tugasnya. Kylian Mbappe kemudian menjadi pesakitan usai gagal menuntaskan tugasnya sebagai penendang kelima Prancis. Ia gagal mengikuti jejak empat eksekutor Prancis sebelumnya yang bisa menggetarkan jala Yann Sommer.

Swiss menutup laga dengan kemenangan 8-7.

Swiss berani mengimbangi permainan terbuka Prancis di awal laga. Mereka bahkan mampu mengejutkan Les Bleus dengan mencetak gol di menit ke-15. Umpan silang Steven Zuber dari sisi kiri menuju Hari Seferovic di depan gawang.

Gol!! Seferovic bisa memenangi duel dengan Clement Lenglet. Sundulannya ke arah gawang Prancis tak kuasa dibendung Hugo Lloris. Swiss unggul 1-0.

Tertinggal, Prancis berusaha untuk bangkit. Mereka perlahan mulai dominan dalam penguasaan bola. Pada menit ke-23, Adrien Rabiot menusuk di sisi kiri kotak penalti Swiss. Ia lalu melepas umpan menuju Karim Benzema yang berdiri di depan gawang. Namun, Yann Sommer dengan sigap terbang memotong bola umpan Rabiot.

Rabiot kembali mencoba di menit ke-28. Kali ini lewat percobaan dari luar kotak penalti. Usaha jarak jauhnya juga belum membuahkan hasil karena masih melebar dari gawang Sommer.

Memasuki pertengahan babak pertama, Prancis berusaha mengurung lini pertahanan Swiss. Pasukan Vladimir Petkovic merespon hal ini dengan bermain disiplin. Sambil sekali mencuri peluang lewat serangan balik.

Penampilan disiplin Swiss mampu meredam Prancis. Pasukan Didier Deschamps tak sekalipun melepas tembakan ke arah gawang Swiss di babak pertama. Swiss mampu mempertahankan keunggulan 1-0 mereka hingga babak pertama tuntas.

Selepas jeda, Swiss kembali menggebrak. Mereka mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-55 usai Benjamin Pavard melakukan tekel kepada Zuber. Ricardo Rodriguez maju sebagai eksekutor.

Penalti gagal!! Sepakan mendatar Rodriguez ke kanan gawang dengan luar biasa bisa dibaca oleh Hugo Lloris. Keberhasilan Lloris membendung penalti ini menaikkan moril Prancis.

Tak butuh waktu lama, Prancis mampu menyamakan kedudukan di menit ke-55. Kylan Mbappe yang berdiri di depan kotak penalti Swiss menyodorkan bola ke Karim Benzema yang menusuk ke menuju gawang Sommer.

Gol!! Benzema dengan sangat baik mengontrol bola. Ia lalu melakukan chip untuk memperdayai Sommer. Skor berubah menjadi sama kuat 1-1.

Dua menit berselang, Prancis kembali menghadirkan mimpi buruk untuk Swiss. Kombinasi apik Mbappe dan Antoine Griezmann membongkar lini pertahanan Swiss. Tembakan Griezmann di depan gawang masih bisa ditepis Sommer. Namun, bola muntah menuju Benzema yang berdiri di tiang jauh.

Gol!! Benzema menyambar bola dengan sundulan. Prancis berbalik memimpin 2-1. Prancis menjauh di menit ke-75. Mendapatkan bola beberapa meter di depan kotak penalti Swiss, Pogba melepas sepakan melengkung terukur.

Gol!! Sepakan Pogba bersarang ke pojok kiri gawang tanpa bisa dibendung Sommer. Skor menjadi 3-1 untuk keunggulan Swiss. Swiss tak mau menyerah begitu saja. Umpan silang terukur Kevin Mbabu dari sisi kanan bisa disambar dengan sundulan Seferovic.

Gol!! Sundulan keras Seferovic buat Lloris tak berkutik. Swiss membuka asa menyamakan kedudukan skor menjadi 3-2 masih untuk Prancis. Harapan Swiss itu benar-benar menjadi nyata di menit ke-90. Umpan terobosan Granit Xhaka menjangkau Mario Gavranovic.

Gol!! Mengecoh satu bek Prancis, Gavranovic lalu melepas tembakan ke pojok kanan gawang Lloris. Skor menjadi imbang 3-3. Prancis nyaris mencetak gol kemenangan di menit akhir. Kingsley Koman melepas sepakan voli kencang. Namun, bola hanya menerpa mistar. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Prancis membuka perpanjangan waktu dengan peluang dari Benjamin Pavard. Menyambut umpan silang dari sisi kiri, Pavard melepas sepakan keras. Sommer masih sigap mengantisipasi ancaman ini dengan mampu menepis bola.

Laga kemudian berjalan sengit. Namun, tak ada gol di 15 menit pertama perpanjangan waktu. Pada menit ke-109, Mbappe membuang peluang emas. Umpan terobosan Pogba membelah lini pertahanan Swiss menemui Mbappe yang tak terkawal. Tembakan Mbappe di depan gawang Sommer justru masih melebar.

Skor tetap 3-3 hingga perpanjangan waktu tuntas. Laga harus ditentukan lewat adu penalti. Gavranovic menjadi penendang pertama di babak adu penalti. Ia dengan tenang membawa Swiss unggul usai mengecoh Lloris.

Prancis kemudian bisa menyamakan kedudukan setelah Pogba tanpa cela mengeksekusi penalti. Fabian Schaer penendang kedua Swiss juga bisa memperdayai Lloris. Langkah Schaer diikuti Olivier Giroud hingga skor di adu penalti 2-2. Lloris kembali tak berkutik. Kali ini, ia mati langkah menghadapi sepakan Manuel Akanji.

Marcus Thuram membuat hasil imbang 3-3 dengan sepakannya meluncur ke kanan gawang Sommer. Penendang keempat Swiss, Ruben Vargas nyaris saja gagal. Namun, bola ke arah tengah yang bisa ditepis Lloris tetap masuk ke gawang. Presnel Kimpembe yang turut sukses mencetak gol hingga skor 4-4.

Admir Mehmedi dengan baik menjalankan tugas krusial sebagai penendang kelima Swiss. Kylian Mbappe yang diharapkan Prancis bisa melanjutkan adu penalti ke sudden death justru gagal menjalankan tugasnya.

Sepakannya ke arah kanan bisa ditepis Sommer. Swiss menutup laga dengan kemenangan 5-4 dari adu penalti atau 8-7 secara skor keseluruhan.

Susunan Pemain

Prancis: Hugo Lloris; Raphael Varane, Clement Lenglet (Kingsley Coman 46' (Marcus Thuram 112')), Presnel Kimpembe; Benjamin Pavard, Paul Pogba, N'Golo Kante, Adrien Rabiot; Antoine Griezmann (Moussa Sissoko 88'); Karim Benzema (Olivier Giroud 94'), Kylian Mbappe.

Swiss: Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez (Admir Mehmedi 87'); Silvan Widmer (Kevin Mbabu 74'), Remo Freuler, Granit Xhaka, Steven Zuber (Christian Fassnacht 80'); Xherdan Shaqiri (Mario Gavranovic 74'); Haris Seferovic (Fabian Schaer 97,), Breel Embolo (Ruben Vargas 80').