Ekonomi

KAI Daop 6 Yogyakarta Akan Operasikan New Prameks

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Menimbangi peningkatan jumlah pengguna, PT KAI Daop 6 Yogyakarta akan mengoperasikan kereta komuter baru yang akan melayani relasi Solo – Yogya – Kutoarjo PP.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, Kamis  di Yogyakarta mengatakan, kereta New Prameks ini diharapkan akan diluncurkan pada Mei ini,

Ia mengatakan, kereta New Prameks yang akan dioperasikan ini sepenuhnya dibuat oleh PT INKA dan kini sudah selesai dikerjakan serta sudah menjalani berbagai pengujian sebagai persiapan operasional kereta.

“New Prameks berkapasitas 393 penumpang dalam kondisi normal, namun bisa dimaksimalkan untuk diisi 492 penumpang dan dalam kondisi sangat padat dapat diisi oleh 589 penumpang,” jelasnya.

Dikatakan formasi penumpang pada kereta ini dibuat seperti untuk kereta jarak jauh, bukan seperti KRL (Kereta Rel Listrik) yang tempat duduknya memanjang di sisi dan kanan badan kereta.

Saat ini, PT KAI Daerah Operasi  6 Yogyakarta memiliki lima rangkaian kereta Prambanan Ekspres (Prameks), mulai dari jenis kereta rel diesel dengan kapasitas angkut 384 hingga 800 penumpng serta kereta rel diesel elektrik AC dengan kapasitas 462 penumpang.

Setiap hari, terdapat 21 trip perjalanan kereta Prameks relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo dengan total penumpang rata-rata mencapai 16.000 penumpang per hari.

“Tarifnya relatif murah Rp8.000 per orang sekali perjalanan karena masih ada PSO atau public service obligation atau yang lebih gampang masih disubsidi,” katanya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close