Lintas Daerah

Kabupaten Probolinggo Targetkan Produksi Benih Ikan 15 Juta Ekor

PROBOLINGGO, SENAYANPOST.com – Memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus naik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, menargetkan produksi benih ikan sebanyak 15 juta ekor pada tahun 2018 dan target tersebut meningkat 2 juta ekor dibandingkan tahun sebelumnya.

“Produksi dan target benih ikan di Probolinggo terus meningkat setiap tahun. Tahun lalu ditargetkan sebanyak 13 juta ekor benih dan terealisasi dengan baik,” kata Kasi Perbenihan dan Kesehatan Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, Suryana Nuring Perbawani, Kamis (12/7/2018).

Berdasarkan data, lanjut dia, produksi benih ikan di Probolinggo tahun 2017 sebanyak 13.249.634 ekor dan jumlah tersebut melampaui target yang ditetapkan Dinas Perikanan sebanyak 13 juta ekor benih ikan.

Menurutnya pihaknya konsisten dengan target 2 juta ekor per tahun untuk peningkatannya, sehingga Pemkab Probolinggo menetapkan target produksi benih ikan sebanyak 15 juta tahun 2018 dari berbagai jenis ikan, mulai dari ikan konsumsi sampai ikan hias.

“Sejauh ini, realisasi produksi perbenihan ikan hingga Juni 2018 mencapai 8.259.590 ekor, sehingga kami optimistis bahwa target produksi benih ikan tahun ini juga terealisasi dengan optimal,” tuturnya.

Dijelaskan pemenuhan ikan di Probolinggo baik ikan konsumsi maupun ikan hias di pasar lokal telah mencukupi karena jumlah kebutuhan lokal lebih sedikit dibandingkan jumlah benih yang diproduksi.

“Kebutuhan benih lokal di Kabupaten Probolinggo tahun lalu sebanyak 9.202.200 ekor, sehingga seharusnya mencukupi. Namun, banyak pelaku pembenihan menjual benihnya ke luar daerah dan kadang-kadang pembudidaya ikan lokal untuk membesarkan ikan kesulitan mendapatkan benih,” ujarnya.

Kabupaten Probolinggo memiliki 24-30 pelaku usaha pembenihan ikan yang tergabung dalam sebuah paguyuban pembenihan ikan, sehingga pihaknya berharap akan banyak pelaku usaha pembenihan ikan yang lahir di wilayah setempat. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close