Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto Miliki Kekayaan Rp1,7 Miliar

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto Miliki Kekayaan Rp1,7 Miliar

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Agus Andrianto tercatat memiliki harta kekayaan senilai total Rp1.7 miliar. 

Mengutip laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), Kamis (18/2/2021), jumlah tersebut merupakan laporan yang disampaikan Agus kepada KPK pada 30 November 2016.

Agus sebelumnya merupakan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Ia sempat masuk di bursa calon Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis.

Agus dikenal saat menangani kasus penistaan agama yang menjerat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Kala itu, Agus menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim pada 2016.

Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967 itu merupakan merupakan lulusan Akademi Polisi 1989.

Setelah lulus dari akademi, Agus mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1995 dan Sespim Sespimti pada 2012. Ia berpengalaman dalam bidang reserse.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Agus Andrianto sebagai Kabareskrim baru. Keputusan itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM, Inspektur Jenderal Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri. (Jo)