Kabar Baik, Subsidi Gaji Ditransfer Mulai Minggu Depan

Kabar Baik, Subsidi Gaji Ditransfer Mulai Minggu Depan

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengumumkan bahwa penyaluran Bantuan Langsung Tunai atau BLT Subsidi Gaji Gelombang 2 akan dilakukan pada awal November 2020. 

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, penyaluran BLT Subsidi Gaji sendiri dibagi menjadi dua termin dengan masing-masing akan disalurkan Rp 1,2 juta. Setelah penyaluran termin pertama usai, maka Kemnaker akan memproses termin kedua. 

"Kami targetkan pembayaran termin II dapat disalurkan pada awal bulan November setelah proses evaluasi penyaluran subsidi gaji/upah termin I ini selesai," kata Ida Fauziyah berdasar keterangan tertulis, Selasa (27/10). 

Sebelumnya, BLT Subsidi Gaji dianggarkan Rp 37,7 triliun yang menargetkan 15,7 juta pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta dan terdaftar sebagai penerima bantuan ini.  

Namun, hingga batas akhir penyerahan data yang dikumpulkan dan diserahkan BPJS Ketenagakerjaanhanya mencapai 12,4 juta pekerja. 

Menurut Ida, sisa dari anggaran itu akan diserahkan kembali ke Bendahara Negara dan rencananya akan disalurkan untuk subsidi gaji bagi guru honorer. 

Kemnaker mencatat, Bantuan Langsung Tunai (BLT)Subsidi Gajitelah disalurkan kepada 12,19 juta pekerja atau 98,3 persen pada 23 Oktober 2020. 

Rinciannya yakni BLT Subsidi Gaji Tahap I telah tersalurkan 99,43 persen, tahap II sebesar 99,38 persen, tahap III sebesar 99,32 persen, Tahap IV sebesar 95,04 persen dan Tahap V sebesar 97,39 persen. 

“Realisasi penyaluran termin I per 23 Oktober 2020 telah mencapai 12,19 juta orang pekerja atau 98,30 persen atau senilai Rp 14,6 triliun,” bebernya dalam Diskusi BNPB secara daring, Selasa (27/10). 

Dia menambahkan, penyaluran BLT Subsidi Gaji sendiri dibagi menjadi dua termin dengan masing-masing akan disalurkan Rp 1,2 juta. Setelah penyaluran termin pertama usai, maka Kemnaker akan memproses termin kedua.