Selebriti

Just for You

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Di tahun 1970-an cakrawala musik nasional, bahkan dunia, pernah dihiasai sebuah lagu romansa berjudul Just For You. Sebuah karya apik dari Richard Cocciante, yang dibawakan sendiri oleh penggubahnya.

Lirik dan melodi lagu ini begitu kuat, sehingga mampu menggetarkan kalbu pendengarnya dari masa ke masa. Keunikan lagu ini adalah tidak mempunyai reffrain sebagaimana umumnya ditemukan pada setiap lagu. Selain itu, tidak ada pengulangan lirik. Untaian liriknya mengalir bagai arus sungai menuju lautan yang tak pernah bisa kembali.

Richard Cocciante adalah nama panggung dari sosok kelahiran Saigon (Ho Chi Minh City), Vietnam, pada 20 Februari 1946. Nama lahirnya adalah Riccardo Cocciante yang berbau Italia. Memang, ia dilahirkan dari seorang ayah berkebangsaan Italia dan ibunya berkebangsaan Perancis.

Pertama kali Richard menginjakkan kaki di Roma, Italia, kampung halaman ayahandanya, ketika ia berusia 11 tahun. Selain Italia, Richard juga pernah tinggal di Amerika Serikat dan Irlandia.

Lagu Just For You terinspirasi dari sebuah novel berjudul The Lady Of The Camelia atau dalam bahasa Perancis berjudul La Dame aux Camélias, sedangkan dalam bahasa Italia berjudul La Storia Vera Della Signora Dalle Camelie, sebuah novel karya Alexandre Dumas fils (1824–1895), yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1848.

Kemudian di tahun 1852, Alexandre Dumas fils mengadaptasi karyanya ini untuk keperluan pentas di atas panggung teater. Pentas perdana La Dame aux Camélias ditayangkan di Théâtre du Vaudeville di Paris, Perancis pada tanggal 2 Februari.

Sejak 1911 karya Alexandre Dumas fils ini banyak diadaptasi untuk keperluan pentas panggung atau film. Salah satunya, di tahun 1981 diadaptasi dalam bentuk film di bawah arahan sutradara Mauro Bolognini, sedangkan Isabelle Huppert (kelahiran Paris, 16 Maret 1953) menjadi bintang utamanya.

La Dame aux Camélias adalah novel semi-otobiografi yang didasarkan pada kisah cinta singkat sang penulis dengan Marie Duplessis, seorang wanita muda yang melakoni hidupnya sebagai wanita simpanan.

Dalam cerita, sosok Marie Duplessis dijelmakan melalui karakter fiksi bernama Marguerite Gautier yang menjadi wanita simpanan sejumlah pria, salah satunya adalah Armand Duval, seorang borjuis muda.

Armand Duval bahkan sempat jatuh cinta, dan mengajak Marguerite hidup bersamanya di alam pedesaan. Armand siap meninggalkan dunia bourjoisnya demi Marguerite. Begitu juga dengan Marguerite. Namun hubungan ini ditentang oleh keluarga Armand.

Marguerite dijuluki la dame aux camélias (nyonya camelia) karena dia menggunakan bunga camelia sebagai isyarat. Manakala camelia merah tersemat pada busana yang dikenakannya, itu pertanda ia sedang berhalangan dan tidak bisa melayani para pelanggannya untuk bercinta. Isyarat sebaliknya adalah manakala ia menyematkan camelia putih. Begitulah komunikasi asmara transaksional yang dibangunnya.

Meski demikian, di sela-sela cinta transaksionalnya dengan sejumlah pria, Marguerite masih dikaruniai indahnya jatuh cinta, cinta sejati kepada seorang pria yang juga mencintainya.

Sayangnya, kisah cinta sejatinya itu tidak berlangsung lama, karena Marie Duplessis harus berpulang dalam usia yang relatif muda, 21 tahun, akibat penyakit yang dideritanya.

Kisah dramatis Marie Duplessis seolah kembali hadir ketika Richard Cocciante melantunkan Just For You. Seolah, perjalanan cinta sejati Marie Duplessis terus berlanjut, hingga kini…

Because your love and mine we give
Without dreaming all we need
And the love that we have given
Return to us to win

Cause your love for me
Is not beginning and the end
Your love and mine is now
for me, forever…

Sebelum melantunkan lagu ini dalam lirik berbahasa Inggris (Just For You, 1976), Richard Cocciante telah lebih dulu melantunkannya dalam lirik berbahasa Perancis dengan judul Marguerite (1973). Sedangkan dalam bahasa Italia berjudul Margherita. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close