Hukum

Jumlah Pengunjung Sidang Sengketa Pilpres 2019 Dibatasi, MK Sediakan Tempat ‘Nobar’

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono mengungkapkan pihaknya membatasi jumlah pengunjung sidang saat proses persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang dilayangkan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Karena itu, MK menyediakan tempat khusus nonton bareng bagi masyarakat yang hendak menyaksikan proses persidangan tersebut.

“Tadi juga diputuskan bahwa yang menyaksikan persidangan itu dibatasi masing-masing pihak itu kursi lima belas orang maksimal. Sementara pengunjung persidangan kita sediakan di tenda-tenda yang kita sediakan,” kata Fajar di Jakarta, Selasa (11/6/2019).

MK membuat dua tenda disertai layar besar untuk nobar persidangan di luar gedung. Selain itu MK juga berencana menayangkan persidangan di megatron di Kantor RRI dan Kemenhub.

Fajar juga menyampaikan persidangan bakal disiarkan secara langsung di situs resmi MK. Beberapa stasiun televisi nasional juga akan menyiarkan secara langsung.

“Terbuka semuanya bagi publik. Hanya saja untuk kepentingan kelancaran persidangan, kita membatasi jumlah orang yang masuk ke ruang sidang,” tuturnya.

Hari ini MK meregistrasi gugatan PHPU yang dilayangkan kubu Prabowo-Sandi. MK punya waktu 14 hari kerja sejak registrasi untuk memproses gugatan itu.

Persidangan perdana akan dilaksanakan pada Jumat (14/6). Sementara sidang putusan dilakukan pada 28 Juni. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close