Jumlah Pasien Covid-19 Diprediksi Tembus Setengah Juta Pada Akhir Desember

Jumlah Pasien Covid-19 Diprediksi Tembus Setengah Juta Pada Akhir Desember
Menteri BUMN Erick Thohir (foto SINDOnews)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Penularan Covid-19 terus berupaya ditekan pemerintah sekuat tenaga. Pasalnya, saat ini dalam sehari pasien yang terjangkit Covid-19 sudah mendekati angka 4 ribu.

Menteri BUMN Erick Thohir memprediksi, jika masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, maka diprediksikan akhir Desember, pasien yang terjangkit Covid-19 bisa mencapai 500 ribu orang.

"Kalau enggak disiplin maka angka sangat tinggi di awal tahun depan. Asumsi jelek saja, kalau sehari 3 ribu akhir Desember bisa 500 ribu. Ini kenyataan yang harus dihadapi," ujar Erick dalam acara virtual, Jumat (11/9/2030).

Namun kata dia, kenaikan pasien Covid-19 di Indonesia masih rendah dibandingkan beberapa negara lain. Di antaranya Brazil, India, dan Amerika Serikat yang memiliki pasien terjangkit cukup tinggi. 

"India, Amerika, Brazil di 4 juta. Sekarang India mendapat 1 juta dalam 12 hari. Kita enggak mau mendekati itu," katanya.

Dia pun menambahkan saat ini pemerintah terus meningkatkan tes PCR maupun Swab Test untuk bisa mendeteksi Covid-19. Delapan provinsi diutamakan dalam penyembuhannya karena menyumbang 70% ekonomi Indonesia.

"Di Jakarta tesnya udah tinggi dibandingkan provinsi lainnya. Ada 8 provinsi yang kita utamakan karena banyaknya yang terjangkit, apalagi 8 provinsi ini menyumbang ekonomi Indonesia," jelasnya.