Peristiwa

Jumat Siang Kembali Terjadi Guguran Lava Pijar di Merapi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Guguran lava pijar, kembali terjadi di puncak Gunung Merapi pada Jumat (21/12/2018) siang sekitar pukul 12.21 WIB.

Dalam keterangan tertulisnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, disebutkan guguran lava pijar berdurasi 129 detik dengan jarak luncur sekitar 1000 meter itu mengarah ke hulu Sungai Gendol.

Disebutkan pula, pada saat terjadi guguran dengan amplitudo guguran lava 71 mm itu, kawasan puncak tertutup kabut sehingga tidak teramati secara visual.

Berdasarkan catatan BPPTKG, mulai 5 Desember hingga 19 Desember 2018 volume kubah lava Gunung Merapi mencapai 370.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan 2.000 meter kubik per hari.

Berdasarkan data aktivitas vulkanik Merapi tersebut, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level II atau waspada. BPPTKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. Radius 3 km dari puncak Gunung Merapi, tidak diperkenankan untuk aktivitas penduduk. (AF)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close