Hukum

Jubir: Lima Komisioner KPK Tidak Mundur

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Jurubicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan kelima komisioner KPK periode 2015-2019 dipastikan tidak mengundurkan diri dari jabatannya. Hal itu merujuk pada UU KPK 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK).

“Kami pastikan lima Pimpinan KPK juga tetap sah dalam mengambil kebijakan sampai ada pemberhentian oleh Presiden,” kata Febri Diansyah, di Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Ia menambahkan, KPK tetap mengacu pada Pasal 32 ayat (3) UU KPK yang berbunyi ‘Pemberhentian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia’.

Selain itu, terkait jangka waktu pimpinan memegang jabatan ditegaskan pada Pasal 34 UU KPK yang berbunyi ‘Pimpinan KPK memegang jabatan selama 4 (empat) tahun dan dapat dipilih kembali hanya untuk sekali masa jabatan’.

Febri mengatakan, lima pimpinan KPK diangkat berdasarkan Keputusan Presiden 133/P/2015 tentang Pengangkatan Pimpinan KPK masa jabatan 2015-2019 tertanggal 21 Desember 2015.

“Dengan demikian, terhitung sejak dilantik Presiden Republik Indonesia sejak 21 Desember 2015, maka sesuai dengan aturan yang berlaku, masa jabatan Pimpinan KPK saat ini akan berakhir pada 21 Desember 2019 nanti,” jelas Febri.

Di sisi lain, KPK tetap konsisten melakukan pemberantasan korupsi. Hal itu ditunjukkan oleh KPK dengan menjerat eks Menpora Imam Nahrawi sebagai tersangka baru-baru ini.

“Saat ini, tugas-tugas penindakan dan pencegahan terus dilakukan KPK,” kata Febri. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close