Transportasi

JTTS Ruas Palembang-Kayuagung Mulai Beroperasi Gratis Hari Ini

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Kayuagung-Palembang (akses Jakabaring), bagian dari Seksi 1 ruas Tol Kayuagung-Palembang-Betung, yang dioperasikan PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) resmi beroperasi gratis mulai Rabu (1/4/2020) hari ini.

“Ruas tol seksi Kayuagung-Jakabaring menawarkan percepatan waktu tempuh,” ujar Herwidiakto, direktur utama PT Waskita Toll Road, perusahaan pemilik saham mayoritas WST.

Ia mengatakan, jika melewati jalan tol yang menghubungkan Kayuagung-Jakabaring sepanjang 29,39 km ini jarah tempuh dari Kayuagung menuju Palembang lebih kurang hanya 20-30 menit saja dibandingkan jika harus melewati jalan provinsi dengan waktu tempuh lewat lintas timur mencapai lebih dari dua jam.

Selain mempersingkat waktu tempuh, kata dia, jalan tol itu juga akan berdampak pada lalu lintas logistik dan orang dari Palembang menuju kota lain maupun sebaliknya serta akan membuka alternatif destinasi baru bagi pengguna jalan tol Trans Sumatera.

Ruas tol ini pernah diuji coba saat angkutan Natal dan Tahun Baru tahun lalu. Meski terjadi kepadatan namun masih dapat teratasi.

Sebelumnya, Deputi Pembangunan Jalan Tol Palembang-Kayuagung PT Sriwijaya Waskita Tol, Yusuf Ar Rosadi mengatakan, sejauh ini perusahaannya belum menentukan sampai kapan pembebasan tarif karena masih menunggu keputusan tarif dari Kementerian PU dan Kementerian Perhubungan.

“Kami akan buka untuk umum dengan standar operasional tapi belum bertarif. kemungkinan pembebasan tarif itu berlangsung selama dua minggu hingga satu bulan ke depan,” kata Yusuf, di Palembang, Selasa (31/3/2020).

Mengenai kesiapan jalan tol tersebut, ujar dia, secara konstruksi sudah mencapai 100 persen untuk ruas dari Palembang ke Kayuagung. Namun, khusus akses Jejawi masih dalam pengerjaan.

“Mainroad (jalan utama) sudah 100 persen. Kami sudah pasang imbauan dan peringatan berupa spanduk dan papan informasi di sepanjang ruas tol terkait pengaturan kecepatan,” kata dia.

Selain itu, fasilitas lain yang sudah tersedia, yakni marka jalan, lampu penerangan dan mata kucing untuk penunjuk jalan. Perusahaan juga menempatkan petugas keamanan di sejumlah titik bekerja sama dengan TNI/Polri. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close