Lintas Daerah

JTSS Ruas Kayu Agung-Lampung Perlancar Alur Distribusi Barang

– Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) akan membawa dampak positif terutama terhadap mobilitas masyarakat di Pulau Sumatera serta memperlancar alur distribusi barang dengan waktu tempuh yang singkat plus biaya yang terjangkau.

“Setelah diresmikan, jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah beroperasi secara penuh serta dapat dilalui oleh masyarakat,” ujar Dirut Hutama Karya, Bintang Perbowo, di Lampung, Jumat (15/11/2019).

Ia mengatakan, ruas tol ini selain akan membuka akses darat dari Lampung ke arah Palembang dan sebaliknya, juga diharapkan mampu merangsang pertumbuhan perekonomian. “Khususnya pada industri kelapa sawit dan karet yang tersebar di sepanjang jalur tol Terpeka ini,” katanya.

Ia menyampaikan rasa bangga dan antusiasme masyarakat Lampung dan sekitar Palembang atas peresmian jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini, sehingga bisa segera beroperasi dan digunakan.

“Masyarakat khususnya di Lampung dan Palembang sangat menunggu peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Besar ini, karena dapat segera digunakan sehingga mampu menempuh jarak antardaerah di Palembang ke Lampung hingga menuju ke Bakauheni lebih singkat. Apalagi ini merupakan tol terpanjang di Indonesia, saat ini,” jelas Bintang.

Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung akan melengkapi jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah terbangun lebih dahulu dan sudah beroperasi. Ruas tol ini secara keseluruhan berjarak 189 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Sumatera Selatan.

Tiga Ruas tol ini sendiri terbagi atas 2 seksi, Seksi I ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang terhampar sejauh 112km kemudian Seksi II ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 km. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close