Tak Berkategori

JPU KPK Tolak Semua Pembelaan Setya Novanto

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menolak semua nota pembelaan yang disampaikan terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto.

JPU KPK Hariawan Agusti Tiartono menegaskan Jaksa tetap pada tuntutannya.

“Kami menolak seluruh nota pembelaan yang disampaikan kami tetap pada tuntutan pada tanggal 29 Maret 2018,” ujar Jaksa Hari di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Dalam nota pembelaannya, Novanto membantah menerima uang hasil korupsi e-KTP. Sebab ia mengaku tak berwenang untuk mengatur proyek tersebut.

“Saya juga tidak menyalahgunakan kewenangan yang saya miliki karena memang sebagai Ketua Fraksi tidaklah mempunyai kewenangan dalam penganggaran, apalagi pelaksanaan pengadaan e-KTP,” sebutnya.

Mantan Ketua DPR ini juga menegaskan Jaksa tak bisa membuktikan bahwa ada aliran uang yang langsung masuk ke kocek pribadinya. Selain itu, mantan Ketua Gokar ini juga menolak didakwa membayar uang penjualan jam tangan dari Andi.

“Tidak relevan apabila saya harus menanggung USD135 sementara jam tangan tersebut sudah saya kembalikan kepada saudara Andi Agustinus. Bahkan oleh saudara Andi Agustinus, jam tangan tersebut telah dijual,” katanya.

Sementara itu, Maqdir Ismail, Penasihat Hukum Novanto, mempertanyakan keabsahan keterangan pengusaha Johanes Marliem yang dijadikan barang bukti. Dia menilai sedianya rekaman tersebut harus diuji terlebih dahulu di California.

Namun, Jaksa Hari menegaskan rekaman tersebut sah karena diminta langsung oleh KPK dan pengadilan.

“Seluruh barang bukti yang diperoleh KPK dari biro investigasi California sudah resmi,” ucap Jaksa Heri.

Selanjutnya dalam pleidoinya, Maqdir juga mempertanyakan terkait penggunaan keterangan Irvanto Hendra Pambudi di persidangan. Namun hal ini ditampik Jaksa Abdul Basir dengan mengatakan tak ada keterangan Irvanto yang dijadikan dasar bukti.

“Pleidoi PH soal konfrontir antar terdakwa Irvanto tak pernah kami gunakan sebagai alat bukti karena beum diuji,” ujar Jaksa Basir.

Mendengar jawaban Jaksa atas pleidoi Novanto, Maqdir menegaskan tetap dalam pembelaannya.

“Pada dasarnya bertetapan pada pembelaan kami,” kata Maqdir.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close