Jonatan Christie-Anthony Ginting Tak Harus Juara di Thailand Open

Jonatan Christie-Anthony Ginting Tak Harus Juara di Thailand Open
BADMINTON INDONESIA

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting dijadwalkan tampil pada dua turnamen BWF di Thailand tahun depan. Mereka ikut serta di ajang Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open 2021. Turnamen tersebut menjadi pertandingan kompetitif pertama pebulu tangkis Indonesia, termasuk Jonatan dan Anthony, sejak Maret 2020.

BWF sejatinya sudah kembali menggelar kejuaraan pada bulan Oktober lalu di Denmark. Namun, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memutuskan untuk tidak mengirim atletnya karena khawatir dengan penyebaran virus corona.

Meski ini merupakan turnamen BWF pertama Jonatan dan Anthony sejak Maret 2020, mereka tak terlalu dibebani target juara. Hal tersebut disampaikan pelatih tunggal putra Indonesia, Hendry Saputra, saat dihubungi KOMPAS.com pada Jumat (18/12) lalu.

Hendry menjelaskan bahwa dia meminta para anak didiknya untuk bisa bertanding semaksimal mungkin. "Sekarang saya menargetkan mereka untuk bermain sebaik mungkin," kata Hendry Saputra.

"Bertanding dengan situasi pandemi seperti ini tidak sama. Ada kecemasan yang mereka rasakan. Hal terpenting adalah kami menjaga kondisi selama di sana agar selalu sehat, bisa berkompetisi dengan aman, dan Insya Allah dapat menunjukkan penampilan yang maksimal." jelasnya.

Hendry juga mengungkapkan bahwa tim tunggal putra saat ini terus menjalani latihan intensif menjelang turnamen tahun depan. "Mereka akan terus berlatih hingga sebelum keberangkatan nanti (ke Thailand)," ujarnya.

"Sebenarnya pelatihan sudah dimulai sejak dua bulan lalu, tetapi karena dalam situasi ini kami sambil meraba-raba apakah turnamen tetap diselenggarakan atau dibatalkan lagi."

"Kami sudah mempersiapkan segalanya baik dalam hal fisik maupun teknik. Cara mereka bermain kami baca lagi karena sudah sembilan bulan tidak bertanding. Semoga di Thailand permainan mereka bisa berkembang," ucap Hendry.

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting juga akan mengumpulkan poin menuju BWF World Tour Finals 2020. Melansir laman BWF, Jonatan dan Anthony saat ini tak termasuk dalam peringkat 8 besar BWF World Tour Finals.

Adapun, Yonex Thailand Open akan digelar di Bangkok, 12-17 Januari 2021. Kemudian dilanjutkan Toyota Thailand Open pada 19-24 Januari. Sementara, BWF World Tour Finals juga dilangsungkan di Bangkok, Thailand, pada 27-31 Januari.