Transportasi

Jokowi Sebut Patimban Akan Jadi Pelabuhan Besar di 2027

JAKARTA, SENAYANPOST.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Patimban akan menjadi pelabuhan besar pada 2027 mendatang. Proyeksi ini diungkapkan Jokowi ketika meninjau proyek Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

“Ini Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang kita harapkan menjadi pelabuhan besar nantinya di tahun 2027. Jadi pekerjaan yang besar sehingga tahapan-tahapan memang jangka panjang,” ujar Jokowi di lokasi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019).

Pelabuhan ini berada di pesisir pantai utara Jawa Barat. Secara keseluruhan, pelabuhan Patimban memiliki luas 654 hektare (Ha).

“Jadi ini secara keseluruhan ada 654 hektare, yang 300 hektare itu untuk peti kemas dan terminal kendaraan. Memang ini nanti akan banyak yang untuk terminal kendaraan untuk ekspor mobil-mobil dari industri otomotif kita,” kata Jokowi.

Jokowi juga sempat meninjau proyek dari udara menggunakan helikopter. Jokowi mengatakan, akses untuk truk menuju pelabuhan tengah digarap.

“Akses saya lihat dari atas juga sudah dikerjakan yg non-tol sudah hampir selesai April, mundur-mundur Juni. Nanti kita lihat, progres sudah bagus, nanti tinggal jalan tol sepanjang kurang lebih 37 Km dari Cipali. Kecepatan itu ada, efisiensi itu ada menuju ke sini,” ujarnya.

Ke depan, Pelabuhan Patimban akan diproyeksikan untuk ekspor mobil. Jokowi berharap daya saing Indonesia meningkat.

“Artinya arah ke depan menjadi pelabuhan khusus untuk mobil meskipun yang lain juga. Sebagian besar untuk ekspor mobil karena kita ingin jadi hub besar bagi produksi otomotif di kawasan kita sehingga ekspor ke Australia, ke NZ, atau negara ASEAN berangkat dari Patimban,” ucapnya. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close