Jokowi Resmikan Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai

Jokowi Resmikan Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai
Presiden Jokowi (rompi ungu) meresmikan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Aceh pada Selasa, 25 Agustus 2020. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Jokowi meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau. Peresmian ini dilakukan secara secara virtual di Istana Negara.

"Bismillah saya resmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai," ungkap Jokowi dalam acara peresmian jalan tol Pekanbaru-Dumai, Jumat (25/9/2020).

Jokowi menyatakan jalan tol Pekanbaru-Dumai memiliki panjang 131,5 kilometer (km). Total biaya yang digelontorkan untuk pembangunan tol tersebut sebesar Rp12,18 triliun.

"Alhamdulillah jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 km telah rampung dan selesai, dapat dioperasikan penuh dan bisa mendukung kegiatan produktif," ucap Jokowi.

Tol Pekanbaru-Dumai, sambung Jokowi, merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatra sepanjang 2.878 km yang membentang dari Lampung hingga Aceh.

Jalan tol ini akan menjadi penghubung antara Pekanbaru dengan industri minyak dan agribisnis di Dumai. 

"Lalu juga (menyambungkan) dengan industri perkebunan lainnya," imbuh Jokowi.

Menurut Jokowi, jalan tol Pekanbaru-Dumai akan memperpendek jarak tempuh masyarakat yang hendak bepergian dari Pekanbaru ke Dumai atau sebaliknya.

"Pekanbaru ke Dumai 200 km jika lewat jalan nasional, ini menjadi hanya 131 km karena lewat tol," jelas Jokowi.

Dengan demikian, ia berharap aktivitas ekonomi di kawasan tersebut bisa dilakukan lebih efisien ke depannya. Jokowi mencontohkan truk pengangkut sawit dan angkutan logistik lain bisa lebih hemat dari segi biaya dan waktu.

"Saya titip warga masyarakat Pekanbaru-Dumai agar memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya dan dijadikan modal untuk mengembangkan peluang-peluang usaha," pungkas Jokowi.