Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung, Waktu Tempuh 1,5 Jam Bakal Jadi Setengah Jam

Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung, Waktu Tempuh 1,5 Jam Bakal Jadi Setengah Jam
Tol Manado - Bitung

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Akhirnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Manado-Bitung untuk ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 Km.

Bila seluruh tol ini tersambung sepanjang 40 Km, maka waktu tempuh dipangkas dari 1,5 jam menjadi setengah jam.

"Nanti jika seluruh ruas ini bisa selesai panjangnya mencapai 40 km. Gerbang tolnya hanya ada 9 km atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi jadi sangat cepat sekali. Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung atau sebaliknya melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya akan menjadi jauh lebih cepat. yang dulu ditempuh satu setengah jam sekarang hanya setengah jam saja," kata Jokowi saat peresmian virtual di Istana Bogor, Selasa (29/9).

Jokowi mengatakan tentu capaian sebuah kecepatan, perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali untuk menopang ekonomi kawasan sekitar.

"Saya melihat Provinsi Sulawesi Utara memiliki banyak potensi ekonomi yang harus terus kita kembangkan. Ada industri perikanan, ini terutama di Bitung. Ada sektor pertanian, ada sektor perkebunan dan juga banyak destinasi pariwisata. Pengembangan sektor-sektor itu sangat memerlukan dukungan infrastruktur termasuk di dalamnya adalah jalan tol," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan Tol Manado-Bitung ini juga dirancang untuk terintegrasi dengan kawasan industri, terintegrasi dengan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara. sehingga akan mempercepat akses menjadi lebih mudah dijangkau, lebih cepat dikenal, dan lebih mudah dikembangkan.

"Dengan adanya jalan tol ini maka biaya logistik dari pelabuhan internasional Bitung dapat ditekan lebih rendah sehingga lebih efisien. Saya saing juga otomatis akan meningkat. kawasan ekonomi khusus Bitung juga dapat dikembangkan lebih maju," kata Jokowi.

"Saya kira nanti tugasnya gubernur untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya ke KEK di Bitung. Dan kawasan strategis pariwisata Manado-Bitung-Likupang termasuk akses ke Pulau Lembeh semakin mudah dijangkau," kata Jokowi.

Selain menopang kawasan ekonomi khusus, keberadaan tol diharapkan mendorong pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik lagi nanti setelah berakhirnya pandemi covid-19.

"Dengan tersambungnya kawasan perekonomian ini saya yakin investasi akan lebih banyak datang. usaha-usaha baru akan tumbuh lebih banyak, dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga pasti akan meningkat. Sulawesi Utara akan semakin berkembang," katanya.