Nasional

Jokowi Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Angin

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Presiden Joko Widodo, Senin (2/7/2018) bertolak ke Sulawesi Selatan untuk meninjau dan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap.

Pembangkit listrik berkapasitas 75 Megawatt (MW) itu merupakan PLTB pertama di Indonesia.

PLTB Sidrap dibangun pertama kali awal 2015 lalu di Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

PLTB ini dibangun di atas lahan seluas 100 hektare, memiliki 30 turbin dengan tinggi tower 80 meter dan panjang baling-baling 57 meter, masing-masing menggerakkan turbin berkapasitas 2,5 MW.

Sehingga, total kapasitas dari 30 turbin mencapai 75 MW untuk menghasilkan energi listrik Sistem Sulawesi Selatan.

Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) PLTB itu berkisar 40 persen dan menyerap sekitar 1.150 tenaga kerja dalam pembangunan proyeknya.

Kawasan yang terletak sekitar 150 kilometer dari Kota Makassar ini sekarang menjadi salah satu kota wisata.

Pembangunan PLTB ini merupakan program pemerintah meningkatkan porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) mencapai 23 persen dari total bauran energi nasional pada 2025 nanti.

Selain PLTB Sidrap, masih di tempat yang sama, Jokowi juga akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Punagaya 2×100 MW dan PLTU Jeneponto Ekspansi 2×135 MW melalui penandatanganan prasasti. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close