Nasional

Jokowi Resmikan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) di Gerbang Tol Simpang Pematang Km 240 Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, Jumat (15/11/2019) siang.

Presiden Jokowi mengatakan, Tol Terpeka sepanjang 189 kilometer ini merupakan tol terpanjang yang diresmikan olehnya.

“Ini jalan tol terpanjang yang saya resmikan,” kata Presiden di Gerbang Tol Simpang Pematang, Mesuji, Lampung.

Jokowi menjelaskan, Tol Terpeka akan tersambung ke Palembang, dan berlanjut ke Betung, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan.

“Nanti akan disambung lagi dari Kayuagung ke Palembang, dan Palembang ke Betung, Banyuasin,” ujarnya.

Usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, ruas tol Terbanggi Besar-Kayu Agung maupun sebaliknya akan digratiskan selama satu bulan. “Besok pagi sudah dioperasikan, dicoba dulu sebulan digratiskan,” ujar Presiden.

Dengan telah dibangun dan menyambungnya jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung akses dari Lampung menuju Sumatera Selatan ini, dengan demikian total panjang jalan yang dibangun di Tanah Air selama lima tahun, yakni 1.500 km.

“Nanti kalau Desember tambah lagi ada Kayu Agung-Palembang, Manado-Bitung, Balik Papan-Samarinda, Insya Allah target yang saya sampaikan 1.800 kilometer tercapai,” ungkap Jokowi.

Presiden menyebutkan, pembangunan jalan tol di Sumatera akan diteruskan hingga mencapai Provinsi Aceh. Pembebasan lahan di Provinsi Aceh saat ini sudah selesai 52 persen. Sementara itu, untuk target Tol Trans Sumatera secara keseluruhan tersambung pada 2024.

“Sehingga mobilitas barang, mobilitas orang, jaringan logistik akan baik, stok infrastruktur kita akan semakin meningkat sehingga ‘competitiveness index’ kita akan menjadi sangat baik,” kata Presiden. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close