Nasional

Jokowi: Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak di 34 Lokasi

akarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan jajaran menteri untuk membahas perihal kelistrikan di dalam negeri dari hasil kunjungan ke daerah beberapa waktu lalu. Sebab, proyek pembangkit listrik pada 34 lokasi ternyata mangkrak.
Demikianlah disampaikan Jokowi saat membuka rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/6/2016).
“Saya sudah melihat sendiri. Banyak sekali proyek pembangkit yang berhenti, proyek pembangkit listrik yang mangkrak, dan kemarin saya sudah perintahkan untuk dihitung. Kira-kira ada 30-34 lokasi,” ujarnya.
“Ini sekali lagi uang yang sangat besar sekali. Uang yang sangat banyak sekali. Triliunan (rupiah). Ini juga agar segera diselesaikan,” tegas Jokowi.
Jokowi mencontohkan, seperti proyek di Kalimantan Barat yang mangkrak selama 8 tahun dengan menghabiskan anggaran Rp 1,5 triliun. Kemudian Gorontalo, dalam 8 tahun, pembangkit berkapasitas 2-25 mw baru selesai 47%.
“Ini tentu saja perlu sebuah keputusan, dilanjutkan atau dibiarkan. Kalau dibiarkan konsekuensinya apa. Ini sekali lagi uang negara, aset kita. Kalau diteruskan tentu saja perlu ada sebuah cut off terlebih dahulu, sehingga perhitungannya menjadi jelas,” paparnya.
Jokowi juga menginginkan agar Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) agar terlibat lebih jauh.
“Saya mengharapkan kepala BPKP untuk kejelasan ini saya minta dicek, sehingga nanti kejelasan kita memutuskan ke depan itu menjadi jelas. Sudah berapa yang habis di situ, kemudian akan apa itu bisa dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu,” terangnya.
(dtc)

KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close