Nasional

Jokowi Perintahkan Pembuatan E-KTP Dipercepat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk menerbitkan peraturan agar pelayanan pembuatan KTP elektronik (e-KTP) dipercepat.

“Saya minta supaya dilakukan percepatan pelayanan KTP elektronik sehingga semua warga negara yang seharusnya ber-KTP mendapatkan pelayanan yang cepat dari negara, jangan sampai rakyat menunggu lama,” kata Jokowi di Jakarta, Rabu (4/4/2018).

“Mungkin dibuat Permendagri yang langsung dibatasi, waktu selesainya e-KTP berapa hari, atau syukur bisa berapa jam. Kalau ada peraturan menteri, di bawah itu pelayanan e-KTP nya akan lebih cepat,” jelas Presiden.

Bahkan, Jokowi meminta petugas kependudukan dan catatan sipil di daerah jemput bola. Terutama di wilayah yang akses dari permukiman penduduk ke kantor pelayanan pemerintah sulit karena kondisi geografis.

Jokowi berharap sistem identitas tunggal bisa segera terwujud. Sistem itu juga harus ditopang data dan informasi administrasi kependudukan yang terintegerasi.

Bagi rakyat, kepemilikan kartu tanda penduduk dan Kartu Keluarga sangat dibutuhkan sebagai syarat untuk mengakses pelayanan publik. Contohnya memasang listrik, membuka rekening di bank hingga pelayanan dokumen lainnya.

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close