Jokowi: Pasar Ikan Modern Muara Baru Harus jadi Percontohan

Jokowi: Pasar Ikan Modern Muara Baru Harus jadi Percontohan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo menginginkan Pasar Ikan Modern Muara Baru (PIMMB) menjadi percontohan bagi pembangunan pasar ikan lainnya di daerah, karena ini merupakan pasar ikan modern yang pertama di Indonesia.
Apalagi PIMMB ini dilengkapi dengan sentuhan modern perbankan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

“Sekarang bangunan yang termodern seperti ini. Ya ini sebagai contoh pembangunan di provinsi yang lain termasuk fasilitas di dalamnya,” ujar Jokowi, saat meresmikan PIMMB di Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019).

Dirinya, lanjut Jokowi, sudah menginstruksikan pembangunan pasar ikan modern pada Juli 2016 kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Model pembangunannya pun diakuinya meniru Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo, Jepang.

Dengan adanya PIM di Muara Baru, dia berharap bisa mengubah persepsi bahwa pasar ikan identik dengan kotor, becek, dan bau. Jika dilihat dari luar, Jokowi mengungkapkan penampakan bangunan cukup modern dan tidak kalah dengan tempat belanja di mal.

“Saya minta agar penggunaan bangunan yang sudah modern disertai pola kerja baru dan kebiasaan baru. Kualitas ikan dijaga agar tetap segar. Mari dijaga kebersihan keamanan dan kenyamanan,” ujarnya.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, mengungkapkan, untuk mendukung PIMMB sebagai pasar ikan modern, BNI siap menerapkan sepaket fasilitas transaksi nontunai (cashless) dan pembiayaan yang terdiri atas BNI Smart Tenant, BNI Agen 46, Pinjaman KUR Pedagang, hingga menyiapkan Kartu KUSUKA untuk pedagang.

Di sisi lain, BNI Smart Tenant juga akan memberikan informasi tenant kepada Perum Perikanan Indonesia, dalam bentuk dan laporan dashboard monitoring transaksi secara real time online, dan memberikan kemudahan rekonsiliasi. BNI Smart Tenant juga menghilangkan risiko penerimaan pembayaran yang tidak teridentifikasi bagi Perum Perikanan Indonesia.

BNI juga mewujudkan dilakukannya transaksi cashless menggunakan mesin electronic data capture (EDC) dan melayani transaksi yang menggunakan dompet digital Link Aja. BNI juga memungkinkan para pengunjung PIMMB untuk membayar parkir secara nontunai menggunakan uang elektronik BNI Tapcash.

BNI juga mengoperasikan Agen46 di area PIMMB sebagai perpanjangan tangan dari Bank dalam memberikan pelayanan perbankan, sehingga turut merealisasikan inklusi keuangan di kalangan pedagang ikan Muara Baru dan sekitarnya. Dengan branchless banking ini, masyarakat dapat memperoleh layanan yang meliputi setoran, tarik tunai, pembayaran dan pembelian. (JS)